-->

PDAM Tirta Indragiri Kembali Dapat Subsidi Dari Pemda Rp 4 Miliar

Publish: Redaksi ----
TEMBILAHAN – Agar tetap bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat di Indragiri Hilir, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Indragiri kembali  menerima subsidi dari pemerintah.

Subsidi diberikan senilai Rp4 miliar,  jumlah ini dinilai masih kurang dari kebutuhan yang ada dan dari dana ajuan senilai Rp7 Miliar.

“Yang kita ajukan sekitar Rp 7 Miliar tapi yang disetujui untuk tahun ini hanya Rp 4 Milyar. Bagairmana pun perusahaan harus tetap jalan, karena ketersediaan air bersih merupakan kebutuhan dasar masyarakat,” sebut Direktur Utama (Dirut) PDAM TI Ir Ahmad Hafiz kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (8/6/2020) dikutip dari riauhaluan.co.

Dari keterangan diberikan PDAM Tirta Indragiri masih mengalami kerugian dari biaya produksi dengan harga yang dijual ke masyarakat. Biaya produksi kisaran Rp8 ribu sedangkan harga jual ke warga Rp4 ribu.

Dengan adanya subsidi tersebut, sangat membantu jalannya kelancaran perusahaan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kendala dalam hal keuangan setidaknya dapat terbantu.

“Jika dihitung berdasarkan kebutuhan dan pengeluaran, sudah seharusnya memang diberlakukan kenaikan tarif. Untuk setahun ini aja, perhitungan biaya gaji karyawan sekitar Rp 5 Milyar lebih,” tambahnya lagi.

PDAM masih menggunakan tarif lama ke warga agar harga beli air masih terjangkau. Untuk saat ini jumlah pelanggan di PDAM Tirta Indragiri adalah 13.397 pelanggan.

Sementara dari total pelanggan, subsidi tarif hanya diberikan kepada pelanggan Non Niaga A sekitar 445 pelanggan aktif , Non Niaga B sebanyak 11.219 dan Sosial ada 75 pelanggan yang aktif.

Sehingga jika ditotalkan ada sekitar 11.739 pelanggan yang mendapat subsidi tarif atau sekitar hampir 85 persen pelanggan.
Share:
Komentar

Berita Terkini