-->

Tersangkut di Pohon Rambutan, Pilot Pesawat Tempur TNI AU yang Jatuh di Riau Berhasil Selamat

Publish: Redaksi ----

INDRAGIRIPOS.COM - Saat latihan sebuah pesawat tempur TNI AU jatuh di kawasan pemukiman warga di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Senin (15/6/2020). Belum diketahui pasti apa penyebab dari jatuhnya pesawat. 

Pesawat yang jatuh merupakan pesawat tempur jenis Hawk type 209 TT. Pesawat itu diterbangkan oleh Lettu Pnb. Aprianto Ismail. Pesawat tersebut terbang dari Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Belum diketahui penyebab pesawat tersebut mengalami kecelakaan. Namun informasi terakhir, pilot berhasil melontarkan diri dari pesawat menggunakan kursi lontar. 

"Pukul 08.00 WIB, ledakannya seperti petir. Ada enam kali," kata Yogi dilansir dari liputan6. 

Yogi tak mengetahui bagaimana pesawat itu jatuh sehingga menimpa salah satu rumah yang ditinggal penghuninya.

"Bagian depan rumah hancur, pesawatnya juga hangus terbakar. Kabarnya pilot selamat," kata Yogi.

Yogi menjelaskan, pesawat tempur lalu lalang di atas perumahannya sudah biasa karena lokasinya dekat dengan Lanud Roesmin Nurjadin. Desanya berada di Kabupaten Kampar dan berbatasan langsung dengan Pekanbaru.

"Sudah biasa sering melintas pesawat latihan," katanya.

Dari informasi yang dihimpun, pesawat tempur buatan Inggris ini dipiloti Letnan Satu Penerbang Apriyanto. Dia berhasil selamat memakai kursi pelontar dan tersangkut di sebuah pohon di depan rumah warga.

Menurut warga sekitar Kahfi, jarak jatuhnya kursi pelontar dan pilot dari pesawat tak begitu jauh. Pilot dalam kondisi selamat dan sudah dievakuasi petugas.

"Kelihatan syok, gak banyak bicara, tersangkut di pohon rambutan," katanya.

Kahfi menyebut kursi pelontar jatuh di atas rumah warga. Hal itu membuat atap rumah bolong karena kursi pelontar jatuh hingga ke lantai rumah.

"Untung penghuni rumah tak tertimpa, selamat," katanya.

Sementara itu, Kepala Penerangan Landasan Udara Roesmin Nurjadin Letnan Kolonel Zukri belum bisa memberi keterangan banyak terkait ini.

"Iya benar, milik TNI AU di Lanud Roesmin Nurjadin," jelasnya.

Dia menyebut penjelasan pesawat tempur jatuh ini akan dilakukan Kepala Staf Angkatan Udara. Kini, lokasi pesawat jatuh sudah dijaga ketat personel TNI AU. 

"Informasi satu pintu, KSAU akan datang ke Pekanbaru. Mohon berkenan keterangan nanti akan diadakan door stop," kata Zukri. (***)
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini