-->

424 Wabin dan Anak Lapas Klas IIA Tembilahan Terima Remisi HUT RI

Publish: Baden Arul ----
INHIL – Sebanyak 424 orang warga binaan (Wabin) dan anak Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Klass IIA Tembilahan menerima remisi atau pengurangan masa tahanan pada Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 75 Republik Indonesia (RI).

Remisi ini diserahkan secara simbolis oleh Bupati Inhil HM Wardan didampingi Kepala Lapas (Kalapas) Tembilahan Adhi Yanriko Mastur, Bc.IP, SH, M.Si kepada 3 orang wabin di Auala Dr Sahardjo Lapas Tembilahan, Senin (17/8).

Acara penyerahan remisi yang digelar disela virtual zoom bersama Kemenkumhan RI ini tampak di hadiri Dandim 0314/Inhil, perwakilan Polres Inhil beserta unsur forkompinda, Pj Sekda Inhil Drs. Fauzar, para staf ahli, Asisten, Pimpinan OPD, Pimpinan BUMN dan BUMD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta tamu undangan lainya.

Kalapas Tembilahan Adhi Yanriko Mastur, Bc.IP, SH, M.Si menuturkan, remisi yang sudah turun dalam rangka HUT ke 75 RI ini sebanyak 424 dari total jumlah wabin di Lapas Tembilahan yang berjumlah 671 orang.



“Rinciannya sebanyak 417 remisi umum dan 7 remisi umum 1. Pada hari ini belum ada yang bisa bebas langsung karena menjalani sisa subsidernya,” ungkap Adhi usai melaksanakan Video zoom.

Adhi menambahkan, suasana HUT ke 75 RI yang masih di landa pandemi covid 19 membuat Lapas Tembilahan meniadakan berbagai kegiatan yang biasanya di gelar Lapas untuk memeriahkan hari kemerdekaan.

“Kita tidak dapat melaksanakan dan kita tidak ingin mengambil resiko. Intruksi pusat tidak melaksanakan olahraga kunjungan langsung mauoun sidang pun secara online,” tutur Adhi.

Lebih lanjut Bupati Inhil HM Wardan menuturkan, remisi merupakan suatu bentuk apresiasi kepada warga binaan berdasarkan penilaian selama berada di Lapas terhadap 424 warga binaan di Lapas Tembilahan pada tahun 2020.

“Secara simbolis telah menyerahkan surat keputusan remisi disela virtual zoom serentak seluruh Indonesia di lingkungan Kemenkumhan RI.

Dengan pemberian remisi ini merupakan suatu penilaian yang diberikan kepada warga binaan,” ujar Bupati didampingi Kalapas Tembilahan.

Merespon pernyataan Menkumham Yasona Laoly mengenai pembinaan wabin, Bupati menyatakan Pemerintah Kabupaten Inhil sangat mendukung penuh pembinaan untuk meningkatkan keahlian wabin sehingga menjadi bekal saat nantinya berbaur bersama masyarakat.

"Saya pikir hasil kerajinan warga binaan disini cukup bagus, tadi ada kaligrafi dari kaca, bisa menjahit, ukir batu dan lainnya, ini perlu di bina.

Permasalahan terbatasnya sarana kita akan bantu sesuai kemampuan dan prosedur yang ada, jadi ini akan kita koordinasikan, kita siap mendukung,” pungkas Bupati.

Untuk diketahui, Lapas Tembilahanmenggelar dan mengikuti virtual zoom pemberian remisi umum secara serentak nasional bersama Kemenkumhan RI dan Lapas Se Indonesia yang di gelar Lapas Tembilahan di Auala Dr Sahardjo Lapas Tembilahan, Senin (17/8).

Acara pemberian remisi umum narapidana dan anak pidana digelar secara serentak di seluruh Indonesia oleh Kemenkumhan RI dalam rangka HUT ke 75 RI yang tahun ini di pusatkan di Lapas Klass IIA Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini