-->

Kodim 0314/Inhil Gelar Sosialisasi Rencana Pembentukan Komcad Matra Darat

Publish: Baden Arul ----
INHIL- Mewakili Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal, Kasdim 0314/Inhil Mayor Inf Untung Kusmanto, pimpin pelaksanaan Sosialisasi tentang rencana pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat di wilayah Kodim 0314/Inhil TA 2020.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Graha Bhakti Kodim 0314/Inhil, Jalan A Yani Tembilahan, Senin (10/08/2020) pagi. 
Turut hadir Pasi Ter Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Anwarsyah Siregar, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Inhil diwakili Wakil KNPI Evan Raymond, Kesbangpol Inhil diwakili Dedi Kurniawan, LBDH Inhil diwakili Daman Arsa Nova, Ketua FKPPI Zardiwantoro, Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Inhil Sofyan Murad, serta Menwa dari Unisi.

Mewakili Dandim 0314/Inhil, Kasdim Mayor Inf Untung Kusmanto dalam penjelasannya menyebutkan, kegiatan ini merupakan program baru Angkatan Darat dalam rangka menyikapi perkembangan kondisi dan situasi global untuk menghadapi kemungkinan berbagai ancaman kedepan.
Maka dari itu Negara memerlukan dan memprogramkan Komponen cadangan melalui TNI Angkatan Darat untuk merekrut,menyeleksi dan melaksanakan sosialisasi rekrutmen Komponen cadangan. Dengan alokasi setiap Kodam sekitar 15.000 personil.

Dari 15.000 personil ini tentunya yang sesuai persyaratan,semuanya akan melalui proses seleksi dan pendidikan kemiliteran selama 3 minggu. Seleksi komcad ini hampir sama dengan seleksi masuk anggota TNI,namun tentunya bobotnya berbda,tidak mesti seperti seleksi TNI tapi tidak juga asal asalan. 
Seleksi komcad ini akan dilaksanakan pada bulan September awal dan hasil seleksinya akan di umumkan pada tanggal 14 September. Tanggal 18 nya akan langsung dilaksanakan pembukaan pendidikan sampai dengan penutupan pendidikan tanggal 12 Oktober 2020.

Setelah melaksanakan pendidikan mereka akan kembali ke status dan pekerjaannya masing-masing namun sewaktu waktu harus siap apabila kodim,koramil atau yg lainya membutuhkan ataupun mengumpulkan baik itu tugas oprasi maupun latihan.
Mari kita kampanyekan bersama kegiatan ini selain para Babinsa di Desa desa, saya berharap bapak ibu yang hadir disini ikut berperan aktif mensosialisasikan kepada masyarakat sekitar sampai dengan bulan Agustus akhir. 

Sementara itu, Pasi Ter Kodim 0314/Inhil Kapten Inf A Siregar menjelaskan bahwa Komponen Cadangan ini bukanlah berarti wajib militer, diharapkan masyarakat jangan sampai salah menafsirkan.
"Tidak ada kelas pangkat atau golongan bagi komponen cadangan, semuanya sama, karena nanti seluruh unsur-unsur komandan di dalam Komcad itu semuanya komando utama yaitu TNI aktif. Dimulai dari Danresimen yang membawahi 3 Batalyon Komcad, kebawahnya ada Danyon dan Danki," imbuh Pasi Ter. 

Untuk resimen berkedudukan di Kodam, sedangkan Batalyon, itu di Korem dan Kompi berada di Kodim-kodim bahkan sampai tingkat peleton yaitu di Koramil.
"Kebetulan Korem kita ada 4 alokasi Kodim yang akan ditempatkan Komcad termasuk salah satunya adalah Kodim kita, Kodim 0314/Inhil," sebutnya. 

Pembukaan akan dilakukan mulai dari bulan Agustus sampai tanggal 14 September dan tanggal 16 September akan dilakukan seleksi dan selanjutnya akan digodok selama 3 minggu serta pada tanggal 14 Desember akan dilantik menjadi sebagai komponen cadangan dan pelatihan akan diadakan di Batalion 132.
"Dan untuk usia dari usia 18 - 35 tahun dan selama pengabdian akan mendapatkan tunjangan gaji dan tunjangan kesehatan yang sudah ditanggung oleh negara," tandasnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini