-->

Ketua PMSTI Inhil Bantah Adanya Warga Tionghoa Positif Covid-19

Publish: Baden Arul ----
INHIL-Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Erydjono Dijalani menyatakan hingga saat ini belum ada satu pun warga Tionghoa di Tembilahan yang dinyatakan Positif Covid-19 oleh Tim Gugus Depan Penanganan Covid-19.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Erydjono Dijalani, seiring beredarnya isu adanya 3 orang warga Tionghoa Tembilahan yang disebut-sebut terpapar Covid-19 dari klaster Kampung Jawa.

"Sampai hari ini belum ada laporan warga Tionghoa yang dinyatakan positif Covid-19. Biasanya data resmi itu dari Tim Gugus Tugas, tapi ini belum ada," kata pria 49 tahun yang akrab disapa Apeng ini, kepada kepada indovizka.com dan Indragiripos.com, Selasa (29/9/2020).

Isu adanya warga Tionghoa yang terpapar Covid-19, diakui Erydjono, sempat meresahkan warganya. Namun ia kembali meyakinkan bahwa dari hasil swab yang dilakukan bersamaan dengan warga klaster Kampung Jawa Tembilahan 3 orang tersebut dinyatakan negatif.

"Memang sebelumnya ada 3 orang warganya yang diketahui kontak dengan warga klaster Kampung Jawa, tapi hasil swabnya sudah keluar dan dinyatakan negatif," jelasnya. 

Ia menghimbau kepada seluruh warga Tionghoa, jangan panik dan mudah percaya dengan isu yang belum diketahui kebenarannya. Hingga saat ini pun, tambah Erydjono, secara resmi data yang dikeluarkan Tim Gugus Tugas Covid-19 Inhil belum ada warga Tionghoa di Tembilahan yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Jangan mudah panik. Tetap jaga kesehatan, pola makan dan patuhi protokol kesehatan Covid 19. Karena secara psikologis kalau kita panik atau cemas imun tubuh jadi turun," imbau Ketua PSMTI Inhil 2 periode ini.

Sementara itu, Direktur RSUD Puri Husada Tembilahan sekaligus juru bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Inhil, dr Saut Pakpahan membenarkan pernyataan Erydjono tersebut.

Menurut dr Saut, belum ada dilaporkan pasien kasus Covid 19 dari warga Tionghoa. "Belum ada Bang," kata dr Saud singkat.
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini