-->

Peringati Hari Pahlawan, Kasdim 0314/Inhil Ikuti Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan

Publish: Baden Arul ----

TEMBILAHAN- Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal diwakili Kasdim 0314/Inhil menghadiri upacara Hari Pahlawan yang digelar di Taman Makam Pahlawan Yudha Bhakti, Jalan Telaga Biru Parit 7, Tembilahan Hulu, Selasa (10/11/2020) pagi.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Inhil H. M Wardan, MP, Komandan Upacara Letda Nanang Suyanto dan Perwira Upacara Kapten Inf Riswanto.

Bupati Indragiri Hilir HM Wardan dalam amanatnya menuturkan bahwa momentum peringatan Hari Pahlawan Nasional diharapkan tidak hanya sebatas seremonial semata, namun semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang terdahulu harus terus ditumbuhkembangkan di dalam hati dan sanubari segenap insan warga negara Indonesia, khususnya masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir.

Bupati mengharapkan masyarakat Inhil lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan.

"Selain itu momentum peringatan Hari Pahlawan ini juga kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 ini " Pahlawan Sepanjang Masa", dengan cara membentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI," ujar Bupati.

Bupati menambahkan bahwa masyarakat juga bisa menjadi pahlawan tanpa harus mengangkat senjata dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat serta membawa harum nama bangsa Indonesia di mata internasional.

"Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat. Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. L Jangan biarkan negeri kita bercerai-berai dan berkonflik satu sama lain," pungkas Bupati H M Wardan.

Sementara itu, Kasdim 0314/Inhil Letkol Inf Untung Kusmanto mewakili Dandim 0314/Inhil mengatakan secara terpisah usai upacara, setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan sebagai momen refleksi untuk memberi makna atas pengorbanan para Pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

"Peringatan tersebut, didasarkan pada peristiwa ‘Pertempuran 10 November 1945’ di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dengan memakan korban jiwa yang cukup besar,” ujarnya.

Lanjutnya, peristiwa tersebut, merupakan sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia Internasional, betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan bersama-sama dengan TNI bersatu padu untuk  bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Bung Karno pernah menegaskan, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini, memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua, bahwa tanpa pengorbanan dan perjuangan para Pahlawan serta perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia,” tukasnya.

Usai kegiatan, dilanjutkan dengan penyerahan tali asih kepada veteran dan tabur bunga di Makam Pahlawan Yudha Bhakti Tembilahan.

Turut hadir Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan, Kajari Inhil Ibu Rini Tri Ningsih, Ketua PN Tembilahan Ibu Nurmala Sinurat, Ketua PA Tembilahan Ibu Endang Rosmala Dewi S, Ketua DPRD Inhil H Feryandi, Kadis, Kabag, Kaban di lingkungan Kabupaten Inhil, para Perwira Staf Dim 0314/Inhil, dan Perwira staf Polres Inhil.

Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini