-->

Zulaikhah Ketua Forum KKS Inhil: Ada 11 Kecamatan di Inhil yang Menjadi Lokasi Khusus (Lokus) Penilaian Kabupaten Kota Sehat

Publish: Baden Arul ----
INHIL-Hj Zulaikhah Wardan SSos ME hadiri Rapat Persiapan Verifikasi Lapangan Kabupaten Kota Sehat (KKS) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) di Aula Rapat Bappeda, Selasa (10/11/2020) siang. 

Acara yang dipimpin Oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Mukhtar T yang juga selaku Ketua Tim Pembina KKS juga turut dihadiri Oleh Yusuf Said selaku Wakil Ketua Forum KKS, Pimpinan OPD, Kemenag, PDAM, BPOM, serta beberapa Camat dan Perwakilannya. 

Rapat ini digelar dalam rangka menindak lanjuti perihal Verifikasi Lapangan KKS Tingkat Provinsi Tahun 2020, dimana pada tanggal 17 November 2020 dijadwalkan Tim Pembina KKS Provinsi akan melakukan Verifikasi Lapangan, untuk mengkroscek data yang ada didokumen usulan dengan dilapangan. 

Dalam sambutannya Hj Zulaikhah Wardan selaku Ketua Forum KKS Inhil mengatakan ada 11 Kecamatan di Inhil yang menjadi Lokasi Khusus (Lokus) penilaian KKS untuk tahap pertama, kedepannya akan kita laksanakan diseluruh Kecamatan. 

Untuk Kabupaten/Kota yang baru mengikuti penilaian KKS cukup memilih 2 tatanan dari 9 tatanan yaitu: 
1. Pemukiman, Sarana dan Prasarana Umum (Tatanan No 1)
2. Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri  (Tatanan No 8). 

Zulaikhah juga mengatakan ada 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang nantinya akan dilihat oleh tim penilaian Provinsi yaitu:
1. Stop buang air besar sembarangan
2. Cuci tangan pakai sabun diwaktu yang tepat
3. Pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga 
4. Pengelolaan sampah rumah tangga
5. Pengelolaan limbah cair rumah tangga 

Kelima pilar inilah yang akan menjadi prioritas, dan yang harus kita wujudkan dalam waktu dekat ini. Ucap Zulaikhah 

Pada akhir sambutan Zulaikhah meminta kepada Camat agar bisa melibatkan RT/RW dalam rangka menciptakan lingkungan yang sehat.
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini