-->

Gasebu Sukses Adakan Gelombang Kedua Pemeriksaan Mata Katarak, 179 Peserta Akan Jalani Oprasi

Publish: Redaksi ----

INHIL - Sebagai wujud kepedulian dan  komitmen Gerakan Sosial Sepuluh Ribu (GASEBU) terhadap kesehatan masyarakat, baru baru ini GASEBU  bersinergi dengan Komunitas Pecinta Sedekah (KPS) Pekanbaru Kembali menggelar  kegiatan Pemeriksaan Mata Katarak Gratis Gelombang Kedua.

Dilaksanakan di dua titik, yakni di Kecamatan Enok hari Jum'at (12022021) bertempat di Aula Kantor Camat dan di Kecamatan Keritang hari Sabtu (13022021).

Ketua Gasebu  H Jalaluddin Husain mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya yang sudah dilaksanakan di Kecamatan Reteh pada tanggal 12 Januari 2021 lalu.


"Dimana peserta yang mendaftar sebanyak 185 orang, yang menjalani pemeriksaan 140 orang dan yang direkomendasi untuk dioperasi sebanyak 42 orang, dimana 36 diantara nya sudah menjalani operasi di Rumkit Mata PBEC Pekanbaru," katanya. 

Sedangkan sisanya ada yang masih dalam tahap pengurusan BPJS.
Karena animo masyarakat cukup tinggi dengan adanya kegiatan ini, maka Gelombang Kedua ini kita laksanakan.

Untuk di Kecamatan Enok peserta yang mendaftar sebanyak 252 (plus yang kontrol pasca oprasi), hadir untuk pemeriksaan sebanyak 196 orang dan yang direkomendasi untuk dioperasi sebanyak 71 orang. 

Sementara itu untuk di Kecamatan Keritang peserta yang mendaftar sebanyak 283 orang (plus yang kontrol pasca operasi), yang hadir untuk pemeriksaan sebanyak 280 orang dan yang direkomendasi untuk di operasi sebanyak 107 orang.

Camat Enok Kaharuddin Mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Gasebu bersama KPS dan TKSK serta pilar pilar penggiat sosial yang ada di Kecamatan Enok. Karena memang kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, apalagi di enok ini sudah ada 11 orang sebelumnya yang juga sudah ikut dioperasi di Pekanbaru pada pelaksanaan Gelombang Pertama.

Sementara itu Camat Keritang Hadi Rahman mengatakan  Atas nama pimpinan pemerintah kecamatan Keritang  mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan pemeriksaan mata katarak gratis di aula Kantor Camat Keritang yg di gagas oleh GASEBU. 

Selain itu kami jg mengucapkan terima kasih atas upaya dan kerja keras para kepala desa/lurah se-kecamatan Keritang yg ikut mempublikasikan kegiatan ini hingga ketingkat RW & RT sehingga tampak di lokasi kegiatan begitu antusiasnya masyarakat melakukan registrasi.

"Harapan kami ke depan agar kegiatan ini kiranya dapat berkelanjutan dan  tidak berhenti di sini saja, mengingat masyarakat kami masih banyak membutuhkan sentuhan tangan para donatur yg dapat meringankan beban hidup masyarakat kami, semoga Allah SWT mencatatnya sebagai amal jariah nantinya,"ucapnya. 

Inisiator Gasebu Nahrawi dalam kesempatan terpisah mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh GASEBU." Jujur secara pribadi saya tidak menyangka kalau peluang yang diberikan kepada Gasebu ini begitu bermanfaat bagi masyarakat. Dan antusias masyarakat begitu sangat tinggi melebihi espektasi saya,"kata Nahrawi. 

Tentunya ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak baik Forkopimcam sampai kelevel RT, demikian juga dengan dukungan dari penggiat sosial dan semua stakeholder yang ada di Kecamatan. 

"Karenanya secara pribadi saya mengucapkan terima kasih atas dukungannya terhadap kegiatan ini, terkhusus kepada KPS yang sudah memberikan kepercayaan kepada GASEBU untuk menjadi mitra kerja. Semoga semua akan menjadi ladang amal,"sebutnya. 

Dari data diatas  bahwa pada Gelombang Kedua ini ada sebanyak 179 orang yang direkomendasi untuk menjalani operasi di rumah sakit mata PBEC Pekanbaru.
Jadi untuk saat ini pengurus masih menunggu list daftar nama peserta yang akan dioperasi. In syaa Allah mudah mudahan besok datanya sudah bisa diterima oleh pengurus untuk kemudian dapat langsung menghubungi peserta untuk pemberitahuan pemberangkatannya. 

Perlu disampaikan kepada peserta yang akan berangkat nantinya untuk dioprasi agar dapat menjaga kesehatan terutama tensi dan gulanya harus stabil. Ini mutlak harus menjadi perhatian peserta, kalau untuk transportasi dan akomodasi peserta sudah ditanggung oleh penyelenggara kecuali makannya.

Dan ditargetkan 179 pasien yang akan dioperasi bisa tuntas dibulan Februari ini. 
Dan untuk bulan Maret Insyaa Allah Pengurus Gasebu kembali akan melaksanakan kegiatan pemeriksaan mata katarak gratis Gelombang Ketiga. Untuk waktu dan tempat pelaksanaannya masih dalam pembahasan Pengurus.***
Share:
Komentar

Berita Terkini