-->

Desa Sukajaya Lempasing Bantu Warga Daftarkan Banpres UMKM

Publish: Indragiri pos ----
Pesawaran Lampung,– Pemerintah pusat tengah mengucurkan program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) khusus bagi UMKM yang terdampak Covid-19. Namun demikian, bantuan sendiri tidak langsung diberikan melalui pemerintah desa seperti bantuan Covid-19 yang lain, tapi dengan cara pendaftaran online.
 
“Di desa apabila kita merujuk dari surat pemerintah sendiri hanya bertugas membantu membuatkan Surat Keterangan Usaha (SKU) saja. 

Namun demikian melihat kesusahan warga daftar via online, kami berinisiatif membantu dengan membuka open desk jadi mereka yang hendak daftar bisa sekalian tahu caranya bagaimana silahkan datang ke desa dan kami bantu hingga jadi. 

Kalau mau belajar pakai smarth phone sendiri juga bisa di sini, “ujar Sekretaris Desa, Mahyudin, didampingi perangkat desa lainnya setempat, Jumat (9/7/2021), di balai desa.

Pihaknya juga menjelaskan terkait pelayanan pendaftaran bantuan BPUM tersebut dibatasi jam kerjanya. Sehingga bentuk pelayanan pemerintahan desa yang lain tetap berjalan.

Kenyataanya tidak semua warga mampu memahami prosedur pendaftaran online tersebut. Melihat hal tersebut, akhirnya pemerintah Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran, membuka pelayanan khusus bagi warganya yang hendak mendaftar bantuan UMKM untuk mengumpulkan data persyaratan pengajuan dana hibah dari Pemerintah Pusat.

Antusiasme warga nampak di sana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan jaga jarak mereka berduyun-duyun datang ke balai untuk daftar pengajuan UMKM.

Ratusan Warga di Desa Sukajaya Lempasing Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran membuat Surat Keterangan Usaha (SKU) untuk program Bantuan Presiden (Banpres) Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) 2021 ke Kantor Desa.

Bahkan warga menyambut dengan gembira atas upaya dan kerja keras "pak Mahyudin beserta perangkatnya membantu kami-kami untuk mengajukan UMKM dan untuk usaha mata pencaharian sehari hari di kampung".

Dari semua warga yang mengajukan UMKM dengan semangat memberikan support kepada perangkat desa Sukamaju Lempasing sudah membantu, kami mewakili atas warga desa Sukajaya Lempasing memberikan bantuan untuk transport dengan ikhlas dan sukarela dan tidak ada unsur pemaksaan, tegas warga.

Lanjut Sekretaris Desa (Sekdes) Mahyudin mengatakan, pemdes melayani masayarat yang mengajukan pembuatan SKU program UMKM tahap 2021 sampai saat ini sudah mencapai 70 orang.

Ia menjelaskan, program bantuan UMKM tersebut merupakan dana hibah dari pemerintah pusat yang berkerja sama dengan pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI) se-Indonesia. Pemohon Program bantuan UMKM tahap ini, di desa kami baru 70 orang yang kami ajukan,” jelasnya.

Ia berharap, upaya yang dilakukan Pemdes dapat membatu lancarnya pengajuan usaha warga untuk memenuhi kebutuhan hidup. “Mudah-mudahan, dengan apa yang kami lakukan ini menjadi jembatan keberhasilan mereka dalam menujang ekonomi saat ini. Dan semoga pengajuan mereka dapat dikabulkan pihak terkait,” pungkasnya.(Suf).
Share:
Komentar

Berita Terkini