-->

Rayakan Idul Adha 1442 H,MTs Negeri 1 Pringsewu Potong 3 Ekor Sapi

Publish: Indragiri pos ----
Pringsewu Lampung, -  MTs Negeri 1 Pringsewu kembali melaksanakan program rutin tahunan di bulan Dzulhijah berupa penyembelihan hewan kurban. Dan pada peringatan Hari Raya Idul Adha tahun 1442 H/2021 M kali ini, madrasah melaksanakan penyembelihan pada hari tasyrik yang pertama, Rabu (21/7/2021).

Perayaan Idul Kurban tahun ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, sehingga panitia dan tenaga kerja yang ikut serta dalam proses pemotongan hewan kurban menggunakan protokol kesehatan ketat.

Menurut kepala madrasah, Drs. H. Nukman, S.Pd., M.M. bahwa kegiatan ini bertujuan untuk ibadah vertikal dan sekaligus ibadah horisontal. Yaitu untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT dengan memotong hewan kurban bagi tenaga pendidik dan kependidikan yang ada di MTs Negeri 1 Pringsewu. Dan disisi lain,  dengan berkurban juga menjalankan ibadah sosial berupa pembagian daging kurban pada sesama.

"Kita akan galakkan terus program Gerakan Madrasah Berkurban (GMB) di MTs Negeri 1 Pringsewu. Mudah-mudahan kegiatan penyembelihan hewan kurban ini menjadi simbol bagi kita dalam rangka membangun keikhlasan kita untuk beribadah dan berbagi,” ujarnya.

"Berkurban selalu memberi kesan mendalam bagi pengkurban dan penerimanya. Apalagi dalam masa pandemi Covid-19, kita masih mampu meringankan beban sesama. Tiada lain, kecuali untuk mendekat kepada Allah SWT,” tambah kepala MTs Negeri 1 Pringsewu ini.

Sedangkan ketua panitia kurban, H. M. In'ami, S.Ag. menyampaikan bahwa tahun ini MTs Negeri 1 Pringsewu memotong 3 ekor sapi. Lebih banyak dari tahun lalu yang hanya 1 ekor sapi. 

"Jumlah hewan kurban pada tahun ini adalah 3 ekor sapi. Dari ketiga hewan kurban tersebut, madrasah membagikan 750 paket daging," kata ketua panitia pelaksana kurban yang juga Waka Kesiswaan ini.

Lebih lanjut ia menyatakan bahwa seluruh hewan kurban yang terkumpul merupakan partisipasi dan inisiatif dari kepala madrasah, guru, dan karyawan MTs Negeri 1 Pringsewu.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada kepala madrasah, guru, serta karyawan MTs Negeri 1 Pringsewu yang memberikan donasi kepada kami untuk menyembelih dan membagikan paket daging kurban. Semoga niat dan doa kita diijabah oleh Allah SWT," ungkapnya.

Dari pemantauan lapangan TimHumas, bahwa pemotongan hewan kurban dilakukan dilingkungan madrasah setempat. Pemotongan 3 ekor sapi disaksikan oleh para pengkurban, unsur komite madrasah dan sebagian masyarakat lingkungan.

Tahapan berikutnya adalah penyortiran kulit, daging dan tulang. Penimbangan dan pengemasan dalam bentuk paket dilakukan sebelum pembagian daging. Terhitung tidak kurang 750 paket daging dibagikan dari MTs Negeri 1 Pringsewu.

Kerjasama panitia kurban, dewan guru dan karyawan serta pelibatan masyarakat menjadi kunci keberhasilan program Gerakan Madrasah Berkurban MTs Negeri 1 Pringsewu ini. (Asmawi).
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini