-->

Rusia Sukses Uji Coba Rudal Setan II

Publish: Redaksi ----

MOSKOW – Rusia diam-diam telah menguji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) RS-28 Sarmat atau misil Setan II yang mampu membawa 10 hulu ledak nuklir . Uji coba terbaru ini dinyatakan berhasil.

Tes senjata ini dilakukan hanya beberapa hari setelah Kremlin bersikeras bahwa penggunaan senjata nuklir di Ukraina tidak mungkin dilakukan.

Kolonel Jenderal Sergey Karakaev, komandan pasukan rudal strategis Rusia, seperti dikutip Telegraph, Sabtu (19/11/2022), mengatakan pada sebuah konferensi militer pada hari Jumat bahwa Rusia baru-baru ini berhasil menguji rudal Sarmat.

Presiden Vladimir Putin melalui tautan video menyaksikan misil Satan II terbang untuk pertama kalinya selama uji coba di Rusia utara pada bulan April lalu. Saat itu, dia mengatakan rudal balistik baru tersebut akan membuat musuh Rusia "berpikir dua kali" sebelum mengancamnya.

Setiap misil Satan II yang sangat besar mampu membawa setidaknya 10 hulu ledak nuklir serta umpan dan dapat menyerang target yang jauhnya ribuan mil di Eropa dan Amerika Serikat (AS).

Sumber-sumber pertahanan Rusia memuji kemampuan rudal tersebut untuk menghindari intersepsi.

Kolonel Jenderal Karakaev juga mengatakan pada hari Jumat bahwa pasukan rudal Rusia siap untuk menerima gelombang kedua dari rudal dengan peluncur hipersonik Avangard.

Saat ini hanya ada satu unit militer yang dilengkapi dengan senjata hipersonik, yang mampu membawa hulu ledak nuklir dengan kecepatan suara 20 kali lipat. ***

sumber sindonews.com
Share:
Komentar

Berita Terkini