-->

Tiyuh Daya Asri Menyalurkan BLT-DD Januari,Pebruari,Maret Sebanyak 24 KPM

Publish: Indragiri pos ----
TuBaBa,--Daya Asri kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk bulan Januari sampai dengan Maret. Penerima BLT-DD ini sebanyak 24 KPM (Keluarga Penerima Manfaat), ini sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku tentang Penerima Bantuan BLT-DD dan sudah dimusyawarahkan secara bersama oleh Aparatur Tiyuh, BPT, dan Tokoh Masyarakat. Nominal bantuan tunai sebesar Rp.300.000/Bulan, sehingga setiap KPM mendapat total bantuan tunai sebesar Rp. 900.000,-./KPM.

PadaTahun 2023 ini Dana Desa untuk Bantuan Langsung Tunai dibatasi minimal 10 persen, dan maksimal 25 persen. Persentase bantuan langsung tunai itu diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa tahun 2023. Dalam Pasal 36 Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa tahun 2023, calon keluarga penerima manfaat BLT Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 35 huruf a diprioritaskan keluarga miskin yang berdomisili di Desa bersangkutan.

Desa/Tiyuh dapat menetapkan calon keluarga penerima manfaat BLT Desa berdasarkan kriteria:

1. Kehilangan mata pencaharian.

2. Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit, menahun/kronis dan/ atau       difabel.

3. Tidak menerima bantuan sosial program keluarga harapan.

4. Rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia.

Untuk di Tiyuh Daya Asri sendiri penyaluran dilakukan secara langsung ke rumah-rumah warga maupun berkumpul di kediaman Kepalo Suku, hal ini dilakukan agar warga penerima bantuan tidak perlu jauh jauh datang ke Balai Tiyuh dikarenakan kondisi penerima yang kebanyakan adalah lansia maupun memiliki kondisi kesehatan yang kurang baik. Penyaluran ini dilakukan oleh Kepalo Suku I-V dan didampingi oleh Anggota BPT Tiyuh Daya Asri."(Sw)
Share:
Komentar

Berita Terkini