-->

Rakerda IWAPI Lampung Ke-II, Momen UMKM Wanita Bangkit dan Mandiri

Publish: Indragiri pos ----
BANDAR LAMPUNG, - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi Lampung menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) II bertajuk 'Satukan Langkah Menuju IWAPI Mandiri dan Sejahtera' bertempat di Graha Surya, Komplek Global Surya Islamic School, Jalan St. Djamil No. 1, Bandarlampung, Senin (28/8). 

Rakerda ke-II IWAPI, juga di isi pelatihan organisasi IWAPI yang diikuti oleh seluruh pengurus DPD dan DPC se-provinsi Lampung.

Ketua panitia Rakerda ke-II 
dan pelatihan organisasi DPD IWAPI provinsi Lampung, Maryani, SH.,MM mengatakan Rakerda ini sebagai syarat mengikuti Rakernas DPP IWAPI.

"Rakerda DPD IWAPI ini sangat penting sebagai ajang membahas permasalahan, issue dan program kerja baik di DPD maupun DPC se-provinsi Lampung untuk dibawa ke rakernas mendatang.

Ketua Dekranasda provinsi Lampung, yang diwakili oleh Mamiyani,SE.,MM, dalam sambutan tertulisnya mengatakan, kiprah pengusaha wanita di masa ini sudah tidak diragukan 
lagi, bukan hanya sebagai penopang ekonomi keluarga, namun juga pendorong peningkatan perekonomian daerah 
dan nasional. 

"Entrepreneur sejati tidak hanya menunggu yang disebut dengan opportunity seeker, tetapi juga pencipta peluang, opportunity creator, Insya Allah bisa. Disamping itu, peluang 
juga sangat dimungkinkan dengan berkembangnya ekonomi kreatif, yaitu sebuah proses perekonomian yang 
mengutamakan kreativitas, ketrampilan serta bakat,"pesannya. 

Pada kesempatan lain, ketua Kadin provinsi Lampung yang diwakili oleh Ir. H. Safrudin Indrajaya menyampaikan peran IWAPI saat ini dan kedepan dituntut mampu mengkreasikan potensi ekonomi dan mampu memperkuat serta mempercepat kemajuan dunia usaha khususnya di provinsi Lampung. UKM wanita sebagai pilar perekonomian daerah menjadi sangat penting yang harus tumbuh dan berkembang ditengah era digitalisasi saat ini.

"Akses pasar saat ini dari sisi teknologi digital atau marketing digital menjadi bagian penting untuk memasarkan produk. Berbagai sarana media sosial penting dipahami UMKM untuk masuk ke pasar yang lebih cepat dan efisien seperti website dan medsos. Jangan sampai UMKM ketinggalan teknologi dan diterima pasar secara luas,"katanya.

Dalam sambutannya Ketua Umum DPD IWAPI Provinsi Lampung, Dr. Hj. Armalia Reny Madrie AS.,S.P.,MM menyampaikan, rapat kerja daerah dan Pelatihan yang dilakukan oleh DPD IWAPI Provinsi Lampung saat ini merupakan amanah AD/ART dan Peraturan Ketentuan Organisasi (PKO) hasil MUNAS Ke 9 IWAPI tahun 2021. 

"Rakerda yang dilaksanakan setiap tahun ini menampung aspirasi permasalahan dan program-program yang berasal dari DPD dan DPC IWAPI Kab/Kota se-Provinsi Lampung. Diikuti oleh 200 peserta dari pengurus DPD dan 10 DPC Kab/Kota se-Provinsi Lampung, diharapkan usulan permasalahan dan program hasil dari rakerda ini dapat di sampaikan dan di bahas pada saat rakernas IWAPI mendatang,"tandasnya.

Lebih lanjut, wanita yang akrab disapa Bunda Reny dan kesehariannya menjabat sebagai Rektor Universitas Mitra Indonesia dan Koordinator Global Surya Islamic School ini menyampaikan keberhasilan IWAPI provinsi Lampung mengandeng perbankan dalam bentuk kerjasama permodalan, dengan pemerintah daerah baik di lingkup provinsi Lampung bahkan hingga Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah bahkan Kalimantan sebagai langkah awal IWAPI Lampung untuk naik kelas dan menaikkan peringkat.

"IWAPI Provinsi Lampung juga melakukan kerjasama dengan Universitas Mitra Indonesia (UMITRA) di bidang riset dan pemetaan UMKM, diharapkan dari hasil riset dan pemetaan ini para pengusaha UMKM dibawah naungan IWAPI dapat lebih fokus dan membaca peluang-peluang pasar yang ada, sehingga taraf hidupnya bisa lebih meningkat dan sejahtera," lanjutnya.

Ketua DPP IWAPI yang diwakili oleh Uchy Hardiman mengatakan sebagai pengusaha harus memiliki strategi, membangun kreatifitas dan kolaborasi. Sehingga mampu menghadapi persaingan di era globalisasi.

"Program kerja IWAPI harus fokus pada peningkatkan SDM melalui pelatihan workshop, seminar, talk show, forum diskusi, Memperluas jaringan pemasaran, mempermudah mendapatkan akses permodalan dengan meningkatkan kerjasama dengan pihak pemerintahan, swasta dan perbankan,"ujarnya.

Gubernur Lampung dalam sambutannya yang dibacakan oleh Drs. Intizam, menyampaikan, IWAPI menjadi pilar penting dalam mendorong ekonomi berkelanjutan, tidak hanya menjadi pelaku bisnis sukses tetapi juga menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk bermimpi lebih besar dan mewujudkan potensi diri.

"Saya berharap dalam rakerda IWAPI provinsi Lampung ke-II kali ini menjadi momentum yang penuh inspirasi dan produktif bagi kita semua dan terbuka untuk ide-ide baru dan gagasan kreatif, melalui fasilitas sumber daya, permodalan, pelatihan, serta jaringan bisnis yang lebih kuat. Diharapkan anggota IWAPI menjadi anggota unggul, tangguh, dan mandiri dalam memperkuat ekonomi lokal bahkan nasional"pungkasnya.

Rakerda ini juga diisi dengan pameran berbagai produk karya anggota IWAPI. Mulai dari kerajinan, Tapis,hingga kuliner khas Lampung. (rls/*)
Share:
Komentar

Berita Terkini