-->

Langkah Kesra dan LPTQ Inhil tingkatkan Prestasi Qori Qoriah

Publish: Baden Arul ----
TEMBILAHAN - Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, H. Arifin mengatakan Dalam rangka untuk meningkatkan prestasi MTQ, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir berupaya diantaranya akan mendata seluruh SDM dan memberi program pelatihan dan insentif kemudian akan bangun kampung Qur'ani.

Dalam rangka meningkatkan prestasi MTQ di Provinsi dan kabupaten Indragiri Hilir rapat kerja daerah (Rakerda) Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Indragiri Hilir tahun 2019 lalu yang di hadiri oleh Camat, KUA, LPTQ Kecamatan serta pengurus MTQ Kabupaten.

"Ketika rakerda tersebut, semua bersepakat, ingin meningkatkan prestasi, kita prihatin memang, dimana agar prestasi kita Kabupaten Indragiri Hilir bisa lebih baik meningkat untuk tahun kedepan,"kata Arifin. 

Kemaren  MTQ di kabupaten Kampar hanya pada urutan ke - 9, menyikapi itu, LPTQ bersama pemerintah akan membuat langkah-langkah strategis 

Pertama, dikatakan Arifin, akan menginventarisir potensi - potensi Qor'i-Qari'ah kita,putra-putri semua ada, Tilawah, Tahfiz tafsir, hanya saja mereka tersebar di daerah, di kecamatan dan bahkan di luar daerah mereka menuntut ilmu disana.

"Potensi - potensi inilah yang kita ingin kita bina, kita rangkul supaya kita bisa memperkuat Kabupaten Indragiri Hilir MTQ tingkat Provinsi,"sebutnya. 

Caranya adalah dalam strategis pemerintah akan menginvatarisir kemudian di bina dengan Cara mensupot mereka dalam belajar." misalnya kalau di Pekanbaru, kita akan berikan insentif untuk tempat tinggal dan kemudian kita arahkan mereka untuk belajar Al-Qur'an di tempat-tempat yang di Yakini, tempat yang bagus untuk meningkatkan prestasi,"jelasnya. 

Kemudian, tahun 2020 akan mempercepat MTQ, tidak seperti biasa di ujung-ujung sehingga waktu pembinaan sangat sempit, tahun kemaren  hanya sebulan Pemantapan.

Tahun 2020 akan mempercepat, insa allah Januari - februari sudah  minta kepada Lurah dan kades sudah melaksanakan MTQ tingkat desa dan kelurahan.

"Maret-april kita minta pada Camat, KUA Kecamatan sudah melaksanakan MTQ tingkat kecamatan sehingga insa allah dibulan  juni di minggu pertama kita sudah melaksanakan MTQ tingkat kabupaten dan dimana bulan juni bersamaan milad Inhil,"paparnya. 

Kemudian, kampung Qur'ani yang sudah menjadi program Bupati Indragiri Hilir, Islamic center diharapkan bisa nanti dicetak Qor'i- Qari'ah, hafiz-hafizah, mufassir-mufassirah, jadi situ semua cabang yang diperlombangan di dalam Musabaqah ada 8 Cabang.

Diharapkan islam Center pemusatan pelatihannya, diambil dari utusan Desa dan Kecamatan yang melaksanakan magrib mengaji, satu desa, satu rumah Tahfiz tersebut, nanti diseleksi yang terbaik kita akan masukan kampung Qur'ani, disana mereka belajar dan disana mereka sekolah

"Harapan Bupati Indragiri Hilir , tahun 2020 dan tahun 2021, karena tahun 2020 penyempurnaan bangunan dan disempurnakan, diperbaiki dan 2021 insya allah sudah fungsional artinya sudah dimanfaatkan anak-anak kita, putra-putri yang sudah fokus belajar disana walaupun tidak semua cabang tetapi sudah ada di tahun 2021,"sebutnya. 

Arifin harapkan instansi terkait yang membangunnya, baik asrama, tempat pelatihan, pemondokannya dan mudah-mudahan rampung nanti 2020 - 2021, kami LPTQ dan bagian Kesra dan instansi terkait juga akan mempungsionalkannya.

Laporan : Muhammad Adam 
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini