-->

Wow.. Motor Buatan Indonesia Paling Laris di Inggris

Publish: Redaksi ----

JAKARTA - Tidak hanya menjadi yang terlaris di Indonesia motor merek jepang yang dirakit atau dibuat oleh anak negeri Indonesia menjadi terlaris pula ketika di ekspor keluar negeri,  seperti di Inggris Yamaha Nmax menjadi motor terlaris pada Bulan Desember 2019.

Skuter matik (skutik) merek Jepang yang diproduksi di Indonesia telah mendunia. Salah satunya adalah Yamaha Nmax, motor yang dirakit oleh tangan-tangan orang Indonesia.

Mengutip laman Visordown, memang penjualan Yamaha Nmax tidak sebanyak di Indonesia namun disana sudah menjadi yang terlaris selama 3 bulan berturut -turut. Yamaha Nmax di inggria sudah mencapai puncak penjualannya. 

Dari data Motorcycle Industry Association (MCIA/asosiasi industri sepeda motor di Inggris), secara keseluruhan penjualan motor di Inggris pada Desember 2019 tercatat sebanyak 4.995 unit. Angka yang cukup jauh dibandingkan penjualan motor di Indonesia yang per bulannya bisa mencapai 500.000-an unit.

Di Inggris, Yamaha Nmax telah terjual sebanyak 194 unit dan menjadi motor yang paling banyak terjual pada Desember 2019. Nmax yang dijual di Inggris adalah Nmax dengan mesin 125 cc, berbeda dengan di Indonesia yang pakai mesin 155 cc. Maklum, karena regulasi, pasar Eropa lebih berminat motor dengan mesin 125 cc ketimbang 150 cc atau 155 cc.

Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro membenarkan bahwa Yamaha Nmax 125 yang dijual di Inggris itu adalah produksi Indonesia.

"Yes. Untuk Nmax semua buatan Yamaha Indonesia," kata Anton kepada detikcom.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memang ditunjuk oleh Yamaha sebagai basis produksi Nmax untuk disebar ke seluruh dunia. Yamaha Nmax setelah pertama kali meluncur di Indonesia pada awal 2015 langsung diekspor ke berbagai negara. Di tahun yang sama, PT YIMM mengekspor Nmax ke Inggris dan beberapa negara lainnya.

Sementara itu, penjualan motor lain di Inggris, termasuk moge masih di bawah angka penjualan Nmax 125. BMW R 1250 GS yang menjadi motor sport adventure terlaris saja hanya terjual sebanyak 91 unit pada bulan itu.

Kalau secara brand, memang Honda menjadi raja di negara itu. Honda telah menjual sebanyak 767 unit sepeda motor pada Desember 2019. Diikuti BMW dengan angka 515 unit dan Yamaha dengan 461 unit. Sedangkan pabrikan otomotif tuan rumah, yakni Triumph menduduki posisi keempat dengan angka penjualan 351 unit.


Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini