-->

Gerak Cepat Waspadai Virus Corona, Puskesmas Sungai Salak Gencar Sosialisasi Ke Masyarakat

Publish: Baden Arul ----
TEMPULING- Untuk menekan penyebaran virus Corona atau yang di kenal dengan Covid-19 UPT Puskesmas Sungai Salak giat melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat.

Pelaksanaan tersebut di lakukan ditempat-tempat ibadah, keramaian masyarakat, kedai kopi, dan warung yang ada di sungai salak.

"Tidak hanya melakukan sosialisasi saja, melakukan kita juga setiap malam mengadakan patroli bersama Koramil, Polsek, Satpol PP, Puskesmas dalam memutus rantai Covid--19 dan menghimbau kepada masyarakat supaya jangan mengadakan lagi perkumpulan-perkumpulan yang bisa mengundang hal-hal sifatnya terjangkit virus Covid- 19," kata Kepala UPT Puskesmas Sungai Salak, Saiful Ahwan, S.Kep kepada Media Rabu (1/4/2020).

Kepala UPT Puskesmas Sungai Salak, Saiful Ahwan, S.Kep menuturkan bahwa sudah membuat piket 24 jam, pagi, siang dan malam, dan UGD Stanby 24 Jam serta jam piket untuk penanggulangan  Covid-19 ini khususnya di kecamatan Tempuling. Dan selanjutnya telah melakukan koordinasi kepada RT/RW melaporkan masyarakat yang ada keluarga nya datang pulang kampung masing-masing.

"Jadi kita sudah berkoordinasi dan instruksikan kepada RT untuk melakukan pemantauan kepada warga nya masing-masing. Dan Alhamdulillah selama ini berjalan dengan baik setiap ada warga yang pulang dari luar negeri seperti Malaysia, Singapura mereka akan melaporkan  kepada kita. Kemudian Nanti kita akan tindak lanjuti ke rumahnya dengan petugas yang sudah di tunjuk untuk memeriksa warga yang baru datang tersebut," ucapnya.

Lebih lanjut lagi, Kepala UPT Puskesmas Sungai Salak, Saiful Ahwan, S.Kep menerangkan bahwa Didalam Puskesmas itu sendiri menyediakan disinfektan secara gratis pada masyarakat dan didalam pelayanan pun setiap 2 atau 3 jam dalam Puskesmas membersihkan tempat duduk, meja dan pagar untuk melindungi supaya memutus mata rantai penularan covid-19 ini.

"Untuk dipukesmas sungai salak untuk berkunjungan pasien ke puskesmas kita sudah menyiapkan ADP sesuai kemampuan Puskesmas. Di dalam sendiri menangani pasien-pasien yang di curigai ODP. Alhamdulillah pasien-pasien kita tidak ada positif penyakit Corona ini," ujarny

Di kesempatan itu juga Kepala UPT Puskesmas Sungai Salak, Saiful Ahwan, S.Kep mengajak kepada RT untuk sama-sama menyampaikan kepada warga nya yang datang itu mestinya di isolasi secara mandiri selama 14 hari. Yang mana tujuannya untuk menungulangi masalah covid-19 ini terhadap warga yang baru datang dan harus siap berkoordinasi kepada pihak Puskesmas.

Diketahui UPT Puskesmas Sungai Salak memiliki wilayah kerja yang terdiri dari 4 Kelurahan dan 5 Desa, yakni :
1. Kelurahan Sungai Salak;

2. Kelurahan Tempuling;

3. Kelurahan Pangkalan Tujuh;

4. Kelurahan Tanjung Pidada;

5. Desa Teluk Jira;

6. Desa Mumpa;

7. Desa Karya Tunas Jaya;

8. Desa Teluk Kiambang;

9. Desa Harapan Jaya.

Diakhir pertemuannya dengan Media, meskipun kasusnya belum ada masyarakat harus tetap waspada karena ini tetap menjadi ancaman, semampu kami puskesmas Sungai Salak ingin melayani masyarakat dengan baik,"katanya. 

ketika terjadi ancaman virus corona, kami akan selalu dan secepatnya berkoordinasi dengan Dinkes dan rumah sakit ” dengan tetap menjaga dan membudayakan PHBS saya berharap kesehatan masyarakat tetap terjamin sehingga mereka dapat hidup dengan aman dan nyaman serta terhindar dari berbagai penyakit termasuk terhindar dari virus corona ” pungkas Saiful Ahwan, S.Kep.
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini