-->

Jangan Kecewa, BLT Preode Juli-September Hanya Rp300 Ribu Perbulan

Publish: Redaksi ----

INDRAGIRIPOS.COM - Pemerintah memperpanjang masa pemberian bantuan sosial untuk penanganan warga yang terdampak corona Covid-19 di Indonesia. Semula bantuan hanya diberikan dari April-Juni diperpanjang hingga Juli-september. 

Namun jangan kecewa sebagai warga tentunya harus merasa bersyukur meski bantuan yang diberikan nantinya pada preode Juli-September hanya Rp300 ribu per bulannya. 

Artinya jika dibandingkan dengan preode April-Juni berkurang 50 persen. Pemerintah mengambil kebijakan seusai dengan kemampuan keuangan negara. 

Perpanjangam BLT ini dilakukan untuk memberikan keringanan bagi warga terdampak Covid-19 supaya dapat terbantu dalam mencukupi kebutuhan hidup.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, perpanjangan BLT Dana Desa ini diberikan sampai dengan September. Adapun perpanjangan ini akan dimulai pada periode Juli-September. Sebelumnya, BLT Dana Desa diberikan hanya tiga bulan yakni April-Juni.

"Total anggaran yang dikeluarkan untuk BLT dana desa Rp31,8 triliun. Hanya saja penerima manfaatnya turun separoh dari Rp600 ribu pada preode April-Juni menjadi Rp300 ribu pada preode Juli-September,"jelasnya usai rapat terbatas di Jakarta, Rabu (3/6).

Nilai Bansos yang diberikan baik untuk warga lapisan bawah di Jabodetabek maupun di luar Jabodetabek, sama sama Rp 300 ribu untuk periode Juli hingga Desember.

"Bansos tunai non-jabodetabek total menjadi Rp 32,4 triliun, dan bansos jabodetabek totalnya Rp 6,8 triliun," katanya.

Sri Mulyani mengatakan bahwa berdasarkan data yang dimiliki pemerintah, mayoritas penerima Bansos adalah petani, peternak, dan pekebun yakni sebanyak 18,4 juta jiwa. 

Kemudian pedagang dan pekerja sektor swasta 4,2 juta, pekerja bangunan 3,4 juta, pekerja pabrik 3,3 juta, sopir dan pekerja komunikasi 1,3 juta, nelayan hampir mencapai 900 ribu, dan sektor lainnya.

"Ini sudah mencakup 40 persen dari masyarakat," katanya.

Sebelumnya, pemerintah lebih dulu memperpanjang waktu pelonggaran pemberian listrik gratis untuk golongan 450 Volt Ampere (VA) dan diskon 50 persen untuk golongan 900 VA.

Keduanya diperpanjang hingga mencapai 6 bulan ke depan atau sampai September 2020 mendatang. Sebelumnya, pemerintah hanya memberikan waktu tiga bulan terhitung sejak April - Juni saja.
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini