-->

Sasaran Kedua Pra TMMD Imbangan, Masyarakat Teluk Kiambang Antusias Gotong Royong Bersama TNI

Publish: Baden Arul ----
TEMPULING - Meski baru Pra TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Imbangan Kodim 0314/Inhil Tahun 2020, namun antusias masyarakat di Desa Teluk Kiambang, Kecamatan Tempuling, Kabupaten Inhil, melakukan gotong royong (Goro) bersama sangat tinggi.

Terbukti, banyaknya masyarakat di Teluk Kiambang itu, saling bahu membahu bersama TNI melakukan Goro jelang TMMD dimulai. Gotong royong ini merupakan sasaran fisik ke dua setelah selesai pembuatan jalan utama Jl. Jend. Sudirman yang selanjutnya akan dilanjutkan pembuatan Jl. A. Yani dengan ukuran 1000 x 2,2 x 0,12 meter, “Alhamdulillah antusias warga pada pra TMMD di Teluk Kiambang sangat tinggi,” kata Danramil 03/Tempuling Kapten Arh Sugiyono, Senin (22/06/2020).

“TMMD ini salah satu cerminan budaya gotong royong (Goro). “Budaya gotong royong mulai terkikis ditengah kehidupan masyarakat moderen seperti saat ini. Sikap individual dan lebih mengedepankan kepentingan sendiri merupakan cerminan yang bisa dijumpai disekitar kita. Terutama di daerah perkotaan. Padahal Goro merupakan budaya asli masyarakat Indonesia yg telah terbangun sejak zaman dahulu,” jelas Danramil.

“Nah, cukup disayangkan jika budaya Goro itu hilang ditengah masyarakat. Dengan bergotong royong maka semangat kebersamaan akan tercipta dan mampu untuk memperkuat kesatuan bangsa,” tegas Danramil.

“Inilah salah satu tujuan mengapa diadakan TMMD Imbangan Kodim 0314/Inhil. Yang pertama untuk mengingatkan masyarakat akan budaya gotong royong. Dalam TMMD semua elemen masyarakat berkumpul untuk bersama sama melakukan pembangunan wilayah guna kepentingan masyarakat,” ungkap Danramil.

Ditegaskan Danramil, tujuan utama TMMD yakni mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat. Namun didalamnya banyak pesan diantaranya semangat gotong royong, pembangunan daerah tertinggal, menyatukan masyarakat dan seruan kebersamaan lainnya

“Kalau masyarakat bersatu, maka NKRI akan kuat sehingga tidak mudah dirongrong oleh kekuatan asing yang ingin memiliki sumber daya alam (SDA) Indonesia. Semangat persatuan dari akar bawah inilah yg dibutuhkan untuk menghimpun kekuatan yg lebih besar untuk bangsa ini,” harap Danramil.
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini