-->

Bangun SDM Generasi Muda, Kodim 0314/Inhil Selenggarakan Komsos Kreatif kepada Pesilat Muda

Publish: Baden Arul ----
TEMBILAHAN- Guna membangun sumber daya manusia khususnya generasi muda yang kreatif, inovatif dan adaptif, Kodim 0314/Inhil menyelenggarakan Komunikasi Sosial Kreatif (Komsos Kreatif) kepada para pesilat muda bertempat di Aula Graha Bhakti Makodim 0314/Inhil, Jalan Ahmad Yani Tembilahan, Minggu (05/07/2020 pagi. 
Komsos yang digelar ini dihadiri generasi muda pesilat dari Satria Muda Indonesia yang dibuka langsung oleh Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal yang diwakili oleh Kasdim 0314/Inhil Mayor Inf Untung Kusmanto serta dihadiri Pasi Ter Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Anwarsyah Siregar, Ketua Satria Muda Indonesia (SMI) cabang Inhil Zal Aidi, Letda Inf Agusturrohim, serta para atlet pencak silat. 

Turnamen ini diikuti para pesilat dari Satria Muda Indonesia cabang Inhil. Masing‐masing peserta menampilkan aspek seni Beladiri Pencak Silat secara utuh dalam bentuk tampilan, gerakan ataupun jurus Untuk dewan juri sendiri ditunjuk dari para pelatih perguruan. 
Kasdim 0314/Inhil Mayor Inf Untung Kusmanto mewakili Dandim 0314/Inhil dalam sambutannya menuturkan, salah satu program Kodim 0314/Inhil bidang teritorial adalah Pencak Silat. Dijelaskannya, Seni Bela Diri Pencak Silat merupakan asli warisan Indonesia, dikenal di seluruh dunia dan kehebatannya telah merambah ke ranah internasional. 

"Tujuan dari turnamen seni bela diri ini merupakan salah satu untuk meningkatkan motivasi dalam rangka membentuk sumber daya manusia kreatif, inovatif dan adaptif. Bukan untuk mencari juara, tapi untuk meningkatkan motivasi terhadap para peserta yang mengikuti, tentunya dengan harapan agar generasi muda bisa dibina mentalnya agar kreatif dalam mengembangkan sumber daya manusia yang lebih unggul dalam bidangnya seperti seni bela diri ini," ucapnya. 

Mayor Inf Untung Kusmanto berharap melalui  kreatifitas seni bela diri pencak silat, generasi muda secara umum dapat berpartisipasi dalam bidang pertahanan, cinta NKRI demi kemajuan bangsa melalui pelestarian kesenian tradisional serta melalui kegiatan positif.

"Isi dengan kegiatan yang berguna dan positif, jangan lakukan hal yang tidak memberikan manfaat seperti kebut-kebutan memakai narkoba. Selagi masih muda, raihlah prestasi dalam bidang apapun yang bisa memberi manfaat, bekal pengetahuan maupun keterampilan. Jangan hanya juara semata yang dicari, carilah nilai nilai seni beladiri seperti menekankan kekompakan dan persaudaraan," tutur Kasdim. 
Diakhir penyampaiannya, Kasdim juga berpesan kepada seluruhnya dengan adanya wabah Covid- 19 ini, agar senantiasa disiplin untuk mengikuti protokol kesehatan dengan menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak dan tidak berkerumun guna mencegah penularan Covid-19. 

Sementara itu, Ketua Satria Muda Indonesia cabang Inhil Zal Aidi menyampaikan sedikit pengenalan mengenai Perguruan Satria Muda Indonesia sebelum memulai turnamen. 
"Satria Muda Indonesia didirikan oleh mantan Komandan Jenderal Kopassus Letjen (Purn)  Prabowo Subianto, Pencak silat sendiri merupakan budaya warisan nenek moyang kita yang harus dijaga dan dilestarikan, pencak silat menjadi salah satu alat pemersatu bangsa kita dalam melawan penjajah. Dalam hal ini kami berterimakasih kepada Kodim 0314/Inhil yang telah memberikan motivasi dan kesempatan kepada kami Satria Muda Indonesia cabang Inhil untuk diberikan pengarahan Komsos sekaligus mempersilahkan kami untuk menampilkan bakat bakat kami," imbuhnya. 
D iakhir kegiatan dilaksanakan penyerahan hadiah oleh Kasdim 0314/Inhil berupa bingkisan kepada para pemenang. Untuk perolehan juara putra, peringkat pertama disabet oleh Al Bima dengan poin 444, juara 2 Erik Faisal  dengan poin 415, juara 3 Eltison Yoga dengan poin 394. Sedangkan untuk perolehan juara putri 1 disabet oleh Khairunnisa dengan poin 445, juara 2 Bilqis dengan poin 431, dan juara 3 Calista Putri dengan poin 430,5.
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini