-->

Selama Corona, Sektor Wisata di Riau Rugi Rp 7 Miliar

Publish: Redaksi ----

INDRAGIRIPOS.COM - Dampak dari corona Covid-19 menjadikan banyak pihak dirugikan terutama dari sektor ekonomi pariwisata dengan banyaknya ditutup tempat lokasi wisata selama masa pandemi corona. 

Kerugian ditaksir mencapai Rp7 miliar diseluruh kabupaten/kota se-riau. Kerugian itu hanya dalam preode Juni 2020.

"Pelaku usaha pariwisata sangat terpukul selama pandemi Covid-19, karena perekonomian sektor wisata mengalami penurunan yang sangat drastis," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Riau, Roni Rakhmat, Rabu (1/7/2020) dilansir dari cakaplah.com.

Terdampak corona memang sektor pariwisata mengalami lumpuh total, pernah sempat diperbolehkan beroperasi namun ditinjau kembali karena pukulan gelombang kedua pandemi corona 

"Sedangkan kerugian dari penginapan dan akomodasi di periode sama mencapai Rp5 miliar. Itu baru didua di dua sektor itu saja," terangnya.

Karena itu, dengan telah dikeluarkan izin beroperasi destinasi wisata, pihaknya akan gencar mempromosikan destinasi wisata Riau dengan memanfaatkan media sosial dan komunitas pariwisata, sehingga diharapkan ada gairah masyarakat untuk berwisata.

"Kami harap kabupaten/kota juga terus mempromosikan distinasi wisatanya sesuai keunggulannya, sehingga bisa betul-betul dinikmati kembali oleh masyarakat," harapnya.

Meski telah dibolehkan destinasi beroperasi di masa pademi ini, namun Roni menegaskan harus menerapkan protokol kesehatan.

"Jadi semua destinasi dan kegiatan pariwisata harus memperhatikan protokol kesehatan, seperti menyediakan tempat cuci tangan, mewajibkan pengunjung pakai masker, jaga jarak dan hal lain yang telah diatur dalam protokol kesehatan," tegasnya.

Sedangkan untuk izin pembukaan destinasi wisata, tambah Roni, ditekankan kepada kabupaten/kota masing-masing, dengan mengacu terhadap surat edaran Gugus Tugas Covid-19 nasional yang intinya tetap menekankan kepada protokol kesehatan. (***)
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini