-->

Shalat Ied di Masjid Agung Al-Huda, Bupati Wardan Harap Penyembelihan Kurban Sesuai Ketentuan

Publish: Baden Arul ----
INHIL-Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Drs HM Wardan MP melaksanakan solat Idul Adha berjamaah di Masjid Agung Al-Huda Tembilahan, Jumat (31/7/2020).

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Negeri Hamparan Kelapa Dunia ini menyebut bahwa Idul Adha pada hakikatnya memiliki dua dimensi, yaitu hubungan vertikal kepada Allah dan untuk membina hubungan horizontal kepada sesama manusia.

"Hari Raya Idul Adha yang identik dengan ibadah haji dan qurban ini tidak hanya mengajarkan kita akan ketaqwaan kepada sang pencipta dengan keikhlasan mendekatkan diri untuk memperoleh ridho-nya, namun juga tidak kalah penting adalah mengingatkan kita kembali akan kepedulian terhadap sesama manusia khususnya kepada mereka yang kurang beruntung dan membutuhkan," urai pemimpin agamis ini.

Perayaan Idul Adha 1441 H ini memiliki perbedaan dibandingkan dengan Hari Raya Idul Adha di tahun-tahun sebelumnya. Karena pada Idul Adha tahun ini, Tanah Air dan sebagian besar negara-negara di Dunia masih dalam masa pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid-19).

"Berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Solat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Qurban Tahun 1441 H/ 2020 M menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19, khusus dalam melaksanakan ibadah qurban ada beberapa protokol kesehatan yang harus dipenuhi yaitu penerapan jaga jarak fisik atau physical distancing, penerapan kebersihan personal panitia serta penerapan kebersihan alat," papar Bupati.

Dengan adanya protokol kesehatan tersebut, diharapkannya pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dapat berlangsung aman sesuai ketentuan agama islam, sekaligus mencegah penularan dan penyebaran Covid-19, dengan meminimalisir risiko akibat terjadinya kerumunan dalam satu lokasi.
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini