-->

Gedung Farmasi Inhu Ludes Terbakar, Dinkes Riau Berikan Bantuan Obat-obatan

Publish: Redaksi ----

INHU - Kebakaran hebat yang meludeskan Gudang Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Provinsi Riau pada, Kamis 20/08/2020 malam dikhawatirkan berdampak pada pelayanan Masyarakat. 

Sebab didalam gudang tersebut terdapat stok alat kesehatan dan berbagai macam obat-obatan yang akan disalurkan keseluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau .

Menindak lanjuti hal tersebut, Pemerintah Daerah (Pemda) Inhu melalui Dinkes berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinkes Provinsi untuk memberikan bantuan obat-obatan agar pelayanan untuk Masyarakat tetap berjalan.

Berkat kesigapan dan komunikasi yang baik antara Dinkes Inhu dengan Dinkes  Provinsi, permintaan bantuan tersebut langsung direspon dan alhamdulillah langsung diantar oleh Dra Hj Mimi Yuliani Nazir Apt, Mm Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau pada, Sabtu 23/08/2020.

Saat dikonfirmasi Mimi Yuliani mengungkapkan bahwa, hal ini merupakan respon cepat dari Pemprov terhadap musibah kebakaran yang menghanguskan Gudang Instalasi Farmasi Dinkes Inhu yang menyebabkan seluruh stok obat-obatan habis dilalap Si Jago Merah.

Stok obat-obatan di setiap Kabupaten Kota tidak boleh kosong, sebab akan berpengaruh kepada pelayanan Masyarakat, untuk itu berkat kordinasi yang baik, hari ini kami dari Dinkes Provinsi Riau secara langsung memberikan bantuan kepada Dinkes Inhu, “ungkap Mimi Yuliani.

Selanjutnya Mimi Yuliani juga menjelaskan bahwa bantuan yang kita berikan ini adalah bantuan awal berjumlah lebih kurang sebesar Rp. 92.000.000, dengan jumlah bantuan obat sebanyak 38 jenis senilai Rp. 60.000.000 dan bantuan bahan habis pakai sebanyak 7 jenis dengan nilai Rp. 32.000,000.

Ketika ada usulan dan permintaan dari Dinkes Inhu, tidak menutup kemungkinan akan ada bantuan susulan untuk obat-obatan dan juga perlengkapan untuk stok di Dinkes Inhu, katanya lagi.

Dalam kesempatan itu, Mimi Yuliani juga menjelaskan bahwa berdasarkan permintaan Dinkes Inhu untuk bantuan obat-obatan tahun 2020 sudah kita salurkan, dan obat-obatan tersebut juga ludes dilalap Si Jago Merah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Inhu Elis Julinarti DCN M.Kes mewakili Pemda Inhu mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Riau dalam hal ini melalui Dinkes Provinsi Riau atas respon cepat yang diberikan terhadap musibah kebakaran yang mengakibatkan seluruh bangun Gudang Instalasi Farmasi Dinkes Inhu hangus terbakar.

Alhamdulillah berkat kordinasi kita dengan Dinkes Provinsi Riau, untuk mengendalikan ketersediaan jumlah atau stok dalam upaya memenuhi pelayanan kesehatan kepada masyarakat langsung direspon dan sudah kita Terima bantuan tersebut.

Selanjutnya Elis juga menegaskan bahwa demi keamanan bantuan yang kita Terima hari ini kita Pusatkan di Aula Dinkes Inhu.

Terhadap musibah yang terjadi kita juga sudah membuat berita acara dan mengirimkan surat untuk Kementerian Kesehatan, Tutup Elis. ***

Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini