-->

Kapolres Inhil Ikuti Apel Alat Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam

Publish: Baden Arul ----
INHIL-Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan mengikuti Apel kesiapan penanggulangan bencana alam di Kabupaten Inhil, pada Senin 9 November 2020 di lapangan Apel Kantor Bupati Inhil.

Bupati Inhil HM Wardan pada kesempatannya bertindak sebagai pembina apel. Beliau menyampaikan arahan bahwa apel tersebut merupakan bentuk kesiapsiagaan dari pemerintah bersama-sama dengan TNI-Polri serta seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat.

"Ini bentuk kesiapsiagaan dari semua elemen dalam menanggulangi dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana beserta akibat yang mungkin bisa ditimbulkannya," ujarnya.

Selama beberapa tahun terakhir di Inhil dikatakan Bupati telah terjadi sejumlah bencana, diantaranya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), tanah longsor, puting beliung dan banjir serta bencana non alam Covid-19.

"Apel pada hari ini bertujuan untuk menyamakan langkah serta menyatukan tekad semua untuk saling bahu-membahu dalam mencegah dan menanggulangi bencana. Khusus karhutla penanggulangannya tidak dilakukan sendiri-sendiri akan tetapi harus dilakukan secara sinergis oleh semua pihak," kata Bupati HM Wardan.

Lanjut Bupati, meskipun bencana tersebut tidak diharapkan namun perlu untuk tetap siap siaga dan selalu waspada apabila sewaktu-waktu hal itu terjadi.

"Penanggulangan bencana tidak hanya tugas pemerintah melalui instansi terkait, TNI-Polri, dunia usaha dan ormas semata akan tetapi tanggap bencana merupakan panggilan kemanusiaan yang menjadi tanggung jawab bersama selaku masyarakat," terangnya.

Sementara Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan menyampaikan apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil dan perlengkapan serta menghimpun kekuatan TNI, Polri, BPBD, dan instansi lainnya untuk turut serta berpartisipasi dalam upaya penanggulangan bencana bila sewaktu-waktu terjadi.

Selanjutnya Kapolres menyampaikan beberapa hal terkait penanggulangan bencana di kota Inhil.

"Lakukan pemetaan lokasi rawan bencana, sehigga akan memudahkan penempatan personil satgas mengantisipasi bencana. Latih kemampuan personil tim bencana untuk siaga pertolongan terhadap korban bencana dan latih kemampuan dalam penggunaan peralatan bencana," jelasnya.

Persiapan peralatan semaksimal mungkin Kata Kapolres Inhil untuk kesiapsiagaan bila ada kejadian tanggap bencana siap untuk di operasionalkan. Persiapan posko bencana di daerah yang menjadi potensi bencana sehingga memudahkan untuk mobilisasi. Adakan patroli gabungan di wilayah rawan bencana secara sinergis dan memantau situasi.

“Jalin sinegritas dan kebersamaan laksanakan tugas ini dengan penuh ikhlas, jaga kesehatan dan selalu berdo’a agar tidak terjadi bencana di wilayah kita,” ujar Kapolres.

Selain itu lanjut Kapolres kesadaran masyarakat juga selalu ditingkatkan, bahwa bencana dapat terjadi kapan saja dan dimana saja tidak ada tawar-menawar bila bencana datang.

“Edukasi masyarakat terkait penanggulangan bencana juga penting dilakukan,” tegas AKBP Dian.

Turut hadir dalam apel kesiapan penanggulangan bencana tersebut
Kodim 0314/Inhil, BPBD, Kejari Inhil, Pengadilan Negeri Tembilahan, Pengadilan Agama, Basarnas Inhil, Dinas Sosial dan pemangku kepentingan lainnya.
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini