-->

Dinsos Inhil Berikan Bantuan Dengan Selektif Agar Tepat Sasaran

Publish: Redaksi ----

INHIL, INDRAGIRIPOS.COM - Di awal tahun 2021, Dinas Sosial (Dinsos) Inhil lebih fokus ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Data ini menjadi skala prioritas, dalam perbaikan maupun pendataan terutama bersumber data dari Desa/Kelurahan yang ada di Inhil.
“Karena DTKS ini menjadi rujukan, tersebarnya beberapa bantuan, baik itu bantuan sosial (Bansos), Berupa sembako, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST) dan bantuan lainnya, dari pemerintah Kabupaten, Provinsi dan Pusat maka kami lebih fokus soal pendataan karena kunci semua itu ada pada data," terang Sekretaris Dinsos Inhil, Drs H Arpan Azazi MPd saat ditemui media, Selasa(19/1/2021) diruang kerjanya. 
Diakui Arpan, permasalahan selama ini yang ditangani pihaknya tentunya sangat komplek, apalagi masyarakat tahunya Dinsos lah tempat segala bantuan sosial dari pemerintah padahal tidak semua, contoh Orang Ganguan Jiwa (OGJ) itu harus diobati dulu pihak Dinas kesehatan, setelah obati baru Dinsos berperan untuk memberikan pembinaan dan lainnya. 

" Namun kita tidak akan pernah tinggal dia, walau bagaimana pun Kami di Dinsos akan terus berupaya membantu karena tugas utama kami memang mengurus dan perhatikan warga tidak mampu di Inhil maka dari itu fokus kami saat ini bagian pendataan bahkan sudah disiapkan anggaran sebesar 2 Milyar tahun ini untuk melakukan validasi data walau hasilnya nanti tidak mungkin sempurna namun setidaknya bisa mendekati sempurna 70-80 persen," Harapnya 
Lebih lanjut Arpan meminta pihak Desa harus betul-betul bekerja apalagi mendata warganya dengan melihat dan mengedepankan skala prioritas, sehingga terlihat mana yang layak di bantu dan mana yang  terlebih dahulu harus diutamakan.

“Itulah kenapa DTKS jadi skala prioritas Dinsos pada tahun ini, karena kami yakin kalau data bagus dan detail sesuai fakta Insya Allah semua bantuan sosial akan lebih efektif dan tepat sasaran," Imbuhnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini