-->

Diskop UKM Inhil Lanjutkan Pendataan KUMKM

Publish: Redaksi ----
Pada era digital seperti sekarang ini ada banyak sekali kayanany digital dan data-data yang diolah secara digital. Transpormasi ini mendorong pemerintah untuk mendata Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) dalam satu basis data digital.

Setelah diluncurkannya oleh Presiden RI Jokowi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap KUMKM pada 28 Maret 2022 lalu, proses pendataan KUMKM sudah mulai dilakukan sejak tanggal 1 April 2022.

Proses pendataan akan dilakukan secara bertahap mulai dari tahun 2022 hingga tahun 2024. Dengan target 40 ribu data KUMKM di Inhil masuk dalam basis data tunggal.

"Atas dasar itulah, kita mulai melakukan pendataan KUMKM, yang dilaksanakan oleh Enumerator," ujar kepala Dinas Koperasi dan UKM Inhil Ir H Illyanto MT .

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop dan UKM) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) tentunya sangat berkomitmen untuk mendukung dan mensukseskan penyelenggaraan pendataan lengkap tahun 2022, sebagai dasar basis data tunggal Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM).

Pendataan Lengkap KUMKM sendiri, lanjutnya, akan dilaksanakan secara bertahap mulai tahun 2022 hingga 2024. Dimana, pada tahun 2022 ini KemenkopUKM menargetkan Pendataan Lengkap KUMKM secara nasional adalah sebanyak 14,5 Juta data.

"Untuk target kita di Kabupaten Inhil adalah sebanyak 40 ribu data," papar Illyanto.(galeri)

Share:
Komentar

Berita Terkini