-->

Dugaan Ada Pungli Di Kecamatan Kotabumi Kota Lampung Utara

Publish: Indragiri pos ----
LAMPUNG UTARA KOTA BUMI, - Dugaan pungli yang dilakukan oleh oknum ASN ( Aparatur Sipil Negara) memanfaatkan jasa tenaga honorer di Kantor Kecamatan Kotabumi Kota, Kabupaten Lampung Utara, dengan meminta sejumlah uang ke setiap kelurahan dengan alasan untuk biaya bebagai kegiatan, Senin (29/5).

Dari sumber yang terpercaya menyampaikan bahwa, oknum Kecamatan tersebut mengirim pesan WhatsApp (WA), kepada seluruh Bendahara yang ada di 9 Kelurahan untuk menyetorkan sejumlah uang yang akan digunakan untuk input biaya SPD, RAK dan biaya prin/copy DPA pergeseran.

Saya hanya menyampaikan amanah dari bendahara kecamatan, untuk biaya input
RAK  Rp.100.000,-, 
SPD Rp.50.000,-
Prin/Copy/Jilid DPA/RAK  Rp.25.000,-
DPA pergeseran Rp. 25.000,-
Jadi total semuanya Rp. 200.000,-.
Di tunggu paling lambat hari ini jam 10:00 wib, sudah diserahkan ke ruang keuangan kecamatan.

Demikian bunyi pesan singkat melalui WhatsApp (WA) yang dikirim oknum Kecamatan ke pada seluruh bendahara Kelurahan se Kotabumi kota.

Berdasarkan informasi tersebut awak media ini kemudian melakukan klarifikasi kepada pihak Kecamatan dengan menemui Juni Riadi selaku Camat Kotabumi Kota.

Saat ditemui diruang kerjanya Camat Kotabumi Kota tersebut membantah prihal tersebut, saya tidak tau masalah itu, tidak ada itu pungli disini. Setau saya semua gratis dan saya tidak pernah memerintahkan kebawan untuk melakukan hal tersebut.

Sebaiknya kawan - kawan media mencari sumber yang jelas terlebih dahulu baru kesini agar kedepannya tidak menjadi bumerang untuk kawan-kawan media. Temui dulu sumbernya, baru minta keterangan ke saya.

Di Lampung Utara ini sudah banyak masalah contoh di DPRD masalah anggaran media gimana, Dinas Pendidikan bagaimana dan masih banyak lagi masalah lainnya," kilah Camat.

Namun setelah di jelaskan kronolagis mengapa sampai media ini minta klarifikasi dengan pihak Kecamatan.
Ahirnya Camat dapat paham dan memakluminya.

Bahwa ada pesan WhatsApp (WA) yang dikirim oleh salah satu staf Kecamatan tersebut. Kepada pihak kelurahan untuk meminta sejumlah uang. Dan juga ada pesan suara untuk berusaha menutupi permasalahan ini bila ada wartawan yang menanyakan.

Sempat menunjukan exspresi yang sedikit kaget dan terkesan kurang respek, Camat segera memanggil oknum pegawai yang dimaksud, namun sangat disayangkan oknum pegawai tersebut tidak ada dengan alasan sudah pulang walau masih di jam kerja.

Adapun isi rekaman suara sebagai berikut, teman - teman sepertinya kita akan dikumpulkan oleh Camat hari ini dikantor Kecamatan karena hasil tulisan RSK, kemarin ada yang Screenshots  dan mengirimkan ke wartawan jadi mungkin hari ini salah satu diantara kita ada yg didatang oleh wartawan. 

Mengenai sum - suman kita itu, dibilang pungli sama wartawan jadi mohon kita menjelasakan, jangan salah - salah dengan wartawan.

Yang mengadukan ke wartawan saya sendiri tidak tau. Kata Pak Camat diatara kita ada yang melaporkan apakah itu Bendahara, Lurah atau PPTK nya saya juga egk tau itu.

Jadi Untuk jaga-jaga bila ada wartawan yang menanyakan ke Kelurahan kita bilang itu bukan pungli, tapi kami minta tolong  karena kami tidak bisa mengerjakannya makannya kami minta tolong orang lain.

Sebagai balasannya, kami memberikan jasa sebutkan jasanya berapa dan itu diluar tanggung jawab Kecamatan itu pribadi dari kelurahan masing - masing yg sudah disepakati kedua belah pihak.

Setelah mendengar suara rekaman tersebut Camat Kotabumi Kota tersebut, menyarankan untuk menemui langsung yang bersangkutan karena dia yang bisa menjelaskannya. Klo hari ini dia sudah pulang mungkin besok dia sudah bekerja kembali," Kilahnya.

Penulis:Igbal.
Tiiimm.

#Lampura.
#Kecamatan Kota.
Share:
Komentar

Berita Terkini