-->

Daftar Ketua Umum Partai yang Terjerat Kasus Korupsi

Publish: Redaksi ----

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi lembaga anti rasuah yang paling banyak menjobloskan pejabat hingga menteri ke dalam penjara. Kerugian negara banyak diselamatkan oleh lembaga ini. KPK menjadi sangat bertaring dan tak pandang bulu memberantas korupsi. 

Bahkan kader partai yang berkuasa pada saat itu banyak yang terjerat kasus korupsi berhasil diungkap KPK. Hebat dan disegani sebagai lembaga anti korupsi di negeri ini. 

Para Ketua partai pun tak lepas dari jeratan korupsi yang berhasil di ungkap KPK. Diantara deratan ketua partai yang djerat KPK dan terbukti bersalah ada empat nama yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber. 

Luthfi Hasan Ishaaq divonis bersalah melakukan tindak pidana korupsi. Lutfhi merupakan mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Adapula Mantan Ketua umum PPP dihukum bersalah melakukan perbuatan korupsi, yaitu Suryadharma Ali yang menjabat sebagai Menteri Agama RI era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Kemudian ada Anas Urbaningrum Mahkamah Agung menjatuhkan vonis 14 tahun terhadap mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum terkait skandal megaproyek Wisma Atlet Hambalang.

Putusan kasasi ini lebih berat dibandingkan putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memvonis Anas Urbaningrum 7 tahun penjara dan denda Rp 300 juta.

Selanjutnya, Setya Novanto mantan Ketua Umum Partai Golkar yang juga dijebloskan ke hotel prodeo oleh KPK karena melakukan korupsi. Kemudian ada lagi mantan Ketua Umum PPP M Romahurmuziy alias Rommy menambah daftar panjang ketua umum partai politik yang dijatuhi hukuman atas perkara tindak pidana korupsi.

Selanjutnya masih banyak kalangan yang mengharapkan kinerja KPK akan terus bertaring dan menjadi lembaga independen dalam pengungkapan kasus tindak pidana korupsi untuk menyelamatkan uang negara dan para tangan-tangan koruptor. 

Meski ada perubahan dalam Undang-Undang lembaga KPK namun tetap menunjukkan kinerja yang cukup baik. Baru-baru ini salah seorang Komisioner KPU Wahyu Setiawan ditangkap KPK dalam kasus suap yang diduga melibatkan kader partai PDIP Perjuangan. 

Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini