Gelar Tes Samapta, Anggota Kodim 0314/Inhil Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19

Publish: Baden Arul ----

INHIL-  Seluruh anggota Kodim 0314/Inhil termasuk para Babinsa dan Danramil dari Koramil-koramil jajaran Kodim 0314/Inhil hari ini melaksanakan Samapta Periodik 1 di Stadion Sepak Bola Sungai Beringin, Kamis (04/06/2020).

Kegiatan Samapta Periodik kali ini tidak seperti pelaksanaan pelaksanaan sebelumnya, yang mana sebelumnya semua anggota bebas masuk ke stadion dan berkerumun serta desak desakan. Di tengah pandemi Covid-19 ini, terlihat lebih rapi dan tertib dengan selalu mengikuti protokol kesehatan Covid-19 dari pertama masuk ke stadion dari pelaksanaan Samapta hingga keluar dari stadion.

Seluruh anggota TNI ini tetap menggunakan masker, menjaga jarak aman, dan dilakukan pengecekan suhu tubuh serta cuci tangan di tempat yang telah disediakan.

Tahapan demi tahapan kesamaptaan jasmani dilakukan dengan penuh disiplin. Dari mulai pengisian blanko, pengecekan tensi oleh tim kesehatan, ukur tinggi dan berat badan, peregangan dan pemanasan serta pelaksanaan samapta A dan B. Hanya pada saat samapta A (lari 12 menit) saja boleh membuka masker sesuai petunjuk dari pelatih jasmani. 

Bahkan pada nomor dada yang digunakan, kelompok pertama juga disterilkan dahulu dengan dicelup ke air yang telah disediakan oleh tim pendukung tes Samapta.

Sebelum pelaksanaan tes kesemaptaan jasmani ini, seluruh anggota melaksanakan apel terlebih dahulu yang dipimpin oleh Pasi Paaaaers Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Riswanto mewakili Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal.

Dalam pengarahannya di apel, Pasi Pers meminta kepada seluruh anggota agar dalam pelaksanaan Samapta ini betul betul di laksanakan dengan serius dan penuh semangat, namun tentunya tetap memperhatikan faktor keselamatan dan keamanan personil masing masing.

Pasi Pers juga menjelaskan bahwa Samapta ini akan dilaksanakan selama 2 hari karena mengingat ada rekan-rekan anggota Kodim 0314/Inhil yang lain yang sedang melaksanakan tugas penegakan disiplin kesehatan Covid 19 di pos pos di seluruh kota Tembilahan. 

"Rencananya, besok mereka akan melaksanakan tes samapta seperti kita, dan bagi yang sudah melaksanakan samapta ini, besok menggantikan mereka bertugas jaga di pos pos penertiban dan penegakan disiplin kesehatan Covid 19," ujar Kapten Inf Riswanto. 

Kapten Inf Riswanto berharap agar para personil menunjukkan yang terbaik karena nilai tes kesemaptaan ini nantinya akan digunakan sebagai acuan untuk tes Uji Kenaikan Pangkat (UKP), Pendidikan atau sekolah maupun kursus kursus militer lainnya. Maka dari itu, Pasi Pers berpesan agar melaksanakan dengan serius dengan penuh rasa tanggung jawab.

"Jika pada saat pelaksanaan lari ada yang merasa tidak sehat seperti sesak, lemas dan lainya, jangan di paksakan, silahkan atur pernafasan dan kurangi kecepatan lari. Jika sudah pandangan mulai kunang-kunang  silahkan menepi dan istirahat nanti petugas medis akan menghampiri," pesannya. 

"Jangan karena mengejar nilai lalu lupa segalanya. Percuma nilai bagus tapi ada kejadian atau hal hal yang tidak kita harapkan. Yang tahu kondisi badan kita adalah diri kita sendiri," tutupnya. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0314/Inhil, Kasdim 0314/Inhil, Dansubdenpom, Kaminvet, para perwira staf dan para Danramil jajaran Kodim 0314/Inhil.
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini