-->

Penyebaran Secara Lokal Sudah Terjadi, Inhil Masuk Katagori Zona Merah Covid-19

Publish: Redaksi ----

INHIL - Dengan adanya penambahan kasus positif Covid-19 di Indragiri Hilir yang berasal dari transmi lokal maka dapat dikatagorikan Inhil saat ini sedang berada pada zona Merah penyebaran Covid-19.

Transmisi lokal artinya seseorang dapat tertular virus Covid-19 tanpa adanya harus bepergian keluar kota. Maka dari itu masyarakat diminta agar lebih waspada namun tidak panik. 

"Dengan adanya penambahan pasien positif Covid-19, diungkapkan dr Alexis, Kabupaten Inhil bisa dikatakan daerah yang masuk dalam kategori zona merah. Hal ini dikarenakan sudah terjadi transmisi lokal,"Ketua Tim Medis Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Indragiri Hilir dr Aleksis, Rabu (17/6/2020).

Namun secara resmi, status kategori zona merah tersebut masih menunggu hasil keputusan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Inhil. Tapi jika dilihat dari kategorinya maka Inhil sudah Zona Merah. 

Untuk diketahui, penambahan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Indragiri Hilir kembali terjadi, 2 (dua) orang warga Kabupaten Inhil dinyatakan positif Covid-19 usai menjalani uji swab tenggorokan.

Pasien ke-14 tersebut adalah nyonya R (39). Sedangkan pasien ke-15 adalah Msa (3). Pasien beralamat di parit 3 Tembilahan Hulu. Kedua Pasien positif Covid-19 di Indragiri Hilir itu didapat setelah dilakukan tracing kontak dari salah seorang pasien positif Covid-19 yang memiliki riwayat perjalanan dari Abu Dhabi. 

"Pasien yang dinyatakan positif Covid-19 hari ini sudah dirawat dan diisolasi di Rumah Sakit Puri Husada Tembilahan dengan kondisi klinis baik," tutur dr Alexis dalam konferensi pers di Kantor Diskominfopers Kabupaten Inhil, Tembilahan, Rabu (17/6/2020) sore.
 
Hingga saat ini, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Inhil bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Kodim 0314 Inhil, dan Polres Inhil tengah melalukan tracing kontak dari pasien R (39).

"Kepada para pasien positif Covid-19, tetaplah semangat dan tetap optimis demi kesembuhan. Kami selaku tim medis akan berupaya semaksimal mungkin memberikan yang terbaik bagi kesembuhan para pasien," tutur dr Alexis.
 
Untuk diketahui, Update Kasus positif Covid-19 sebanyak 15 orang, PDP 11 orang (menunggu hasil swab), dan ODP tercatat sebanyak 403 orang.
 
Dari 15 pasien, saat ini ada 5 pasien positif Covid-19 yang dirawat,  9 orang sudah dipulangkan karena dinyatakan sembuh dari Covid-19. Sedangkan, 1 orang meninggal dunia. (***)
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini