-->

Mahasiswa Kukerta UNRI Ciptakan Keripik Kelapa Olahan Sumber Potensi Desa

Publish: Redaksi ----

INHIL - Gebrakan pengolahan Kelapa menjadi Keripik Kelapa berhasil diciptakan Mahasiswa KUKERTA Balek Kampung Universitas Riau di Desa Seberang Pulau Kijang, Kecamatan Reteh, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau pada Senin, (24/08/2020).

Menurut Maria Ulfa selaku penanggung jawab kegiatan ini memaparkan bahwa dengan adanya inovasi Keripik Kelapa ini berpeluang menaikkan potensi terbesar Desa Seberang Pulau Kijang yaitu kelapa yang kemudian nantinya dikembangkan oleh warga desa sehingga mampu menjadi nilai jual dipasaran.

Bahan utama dalam pembuatan keripik kelapa adalah Kelapa setengah tua. Untuk bahan lain dan pembuatannya cukup mudah, diantaranya tepung beras dan tepung tapioka    dengan perbandingan 1:1, telur dan penyedap rasa. 


Sementara itu, daging Kelapa yang telah serut secara pipih di campurkan pada adonan yang tidak terlalu kental, kemudian digoreng dengan menggunakan api kecil.

Sosialiasi kepada masyarakat juga turut dilakukan sebagai upaya penyuluhan inovasi Keripik Kelapa dari rumah ke rumah warga desa untuk menghindari terjadinya kerumunan dimasa pandemi. 

Adapun point materi yang disosialisasikan adalah perihal keunggulan, bahan dan cara pembuatan produk Keripik Kelapa.

"Hasil yang kreatif. Kami baru pertama lihat dan tau kelapa bisa dibuat menjadi Keripik Kelapa. Ini dapat menjadi acuan kita untuk lebih menggali inovasi apa yang bisa dihasilkan selanjutnya," kata Ani, kader kelompok ibu-ibu PKK Desa Seberang Pulau Kijang.

Tim Pengabdian Mahasiswa KUKERTA UNRI berharap produk ini mampu dikreasikan lebih oleh warga desa sebab inovasi Keripik Kelapa ini masih minim diketahui oleh masyarakat luas. Terlebih mengingat bahwa kabupaten Indragiri Hilir yang merupakan penghasil kelapa terbesar di Indonesia.***
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini