-->

Wujudkan Kabupaten Kota Sehat Zulaikhah Minta FKKS Fokus Bekerja

Publish: Redaksi ----

INHIL - Ketua Tim PKK Kabupaten Indragiri Hilir yang juga ketua Forum Kabupaten Kota Sehat (FKKS) Kabupaten Indragiri Hilir, Hj Zulaikhah Wardan S Sos ME, meminta pada pengurus FKKS segera fokus untuk bekerja.  Hal ini mengingat waktu yang terus berjalan, sementara sejak dikeluarkannya SK hingga sekarang masih banyak hal-hal yang harus dipenuhi.

"Saya sampai tak tidur memikirkan bagaimana program ini bisa berjalan, untuk itu kita perlu kerja keras dan Istiqomah, bersama-sama mewujudkannya, orang lain bisa kenapa kita tidak," ujar Hj Zulaikhah Wardan ketika memulai pertemuan dengan pengurus FKKS beserta sebelas camat yang terlibat dalam program tersebut.

Ada beberapa item yang disampaikan Zulaikah dalam pertemuan itu, diantaranya, untuk mewujudkan Kabupaten Kota Sehat, harus ada indikator-indikator yang diperhatikan. Sementara untuk Inhil, karena  pemula, maka hanya fokus pada indikator kedelapan.

Indikator itu seperti, perilaku hidup sehat, tempat-tempat umum, pemukiman perumahan dan bangunan sehat, penyediaan air bersih, kesehatan dan keselamatan kerja, pencegahan kecelakaan, kesehatan keluarga dan reproduksi,  KB, pembinaan kesehatan jiwa masyarakat dan pola asuh anak, kesehatan olahraga, program anti tembakau serta  imunisasi.

"Sebenarnya semua item ini sudah pernah kita lakukan dalam program PHBS, termasuk pembuatan jamban sehat, sanitasi dan lain-lain, hanya saja kali ini kita akan lebih fokus dan melakukan pendataan sejauh mana program ini sudah kita lakukan, termasuk apa saja yang belum kita laksanakan," terang Zulaikhah Wardan.

Untuk itu Zulaikhah meminta dinas terkait bisa bersinergi mewujudkan program tersebut. "Hal ini sudah kita sampaikan waktu rakor di Bappeda yang dipimpin langsung bapak Bupati, karena hampir semua dinas terlibat dalam program ini,"lanjut Zulaikhah Wardan.

Adapun sebelas kecamatan yang masuk dalam program Kabupaten Kota Sehat ini adalah, Kecamatan Batang Tuaka, Gaung Anak Serka, Pulau Burung, Teluk Belengkong, Pelangiran, Kemuning, Keritang, Tembilahan, Tembilahan Hulu, Tempuling dan Kempas. Dari masing-masing kecamatan ini harus melibatkan desa-desa degan jumlah desa sesuai aturan yang ditetapkan.***
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini