-->

Dandim Imbau Warga Tak Buka Lahan dengan Cara Dibakar

Publish: Baden Arul ----
TEMBILAHAN - Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal mengajak masyarakat agar menghindari membuka lahan dengan cara dibakar apalagi pada musim kemarau. 

Disampaikannya, dengan datangnya musim kemarau dan cuaca yang cukup panas di wilayah kabupaten Indragiri Hilir tentu akan menimbulkan titik titik api di wilayah kabupaten Inhil yang dilakukan oleh oknum  warga yang tidak bertanggung jawab sehingga menimbulkan terjadi kebakaran lahan dan menimbulkan polusi udara sehingga udara tercemar dan dapat mengakibatkan kerugian baik bagi masyarakat maupun ekosistem wilayah. 

"Kelalaian dan faktor sengaja merupakan hal  utama yang dilakukan oknum tertentu guna kepentingan pribadi, seperti untuk membersihkan lahan tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi. Apabila sewaktu-waktu terjadi kebakaran lahan, tidak tau sumber api dari mana dan melakukan pembiaran api yang semula kecil, hingga menyebabkan api membesar dan menimbulkan dampak yang merugikan," ungkap Dandim 0314/Inhil, Senin (22/02/2021) saat menggelar rapat kepada seluruh jajaran Kodim 0314/Inhil di ruang data Makodim 0314/Inhil.

Apalagi di kabupaten Indragiri Hilir yang memiliki gambut cukup dalam dan sumber air yang begitu sulit dan terbatas apabila terjadi kebakaran lahan disertai angin  kencang, tentu akan membuat api cepat meluas. 

Dandim 0314/Inhil berharap kepada masyarakat mulai dari RT/RW dan Kepala Desa agar saling menjaga dan saling memberi informasi kepada aparat desa, begitu juga Babinsa dan Babinkantibmas, agar kebakaran bisa diatasi dan tidak meluas sehingga menimbulkan kebakaran hutan dan lahan.

"Mari kita sama sama menjaga dan tidak ada lagi membuka lahan dengan cara membakar dan kita upayakan kerjasama serta saling mengingatkan satu sama lain," ungkap Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal.

Peran serta perusahaan-perusahaan yang terdekat dengan kebakaran juga sangat dibutuhkan apabila terjadi Karhutla di wilayah Inhil dan hendaklah kita semua selalu waspada dan saling mengingatkan satu sama yang lain agar segala permasalahan bisa diatasi.
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini