-->

Rampung 100 Persen, Tol Pekanbaru-Bangkinang Akan Segera Beroperasi

Publish: Redaksi ----

INDRAGIRIPOS.COM - Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang segera beroperasi. Kontruksi jalan bebas hambatan yang merupakan bagian dari Tol Pekanbaru-Padang itu sudah selesai seratus persen.

Namun demikian, kapan mulai dioperasikan dan diresmikan Tol Pekanbaru-Bangkinang itu belum bisa memastikan.

"Kami belum tahu kapan fixnya, memang ada infonya begitu. Kita tunggu saja kabar dari pusat. Yang pasti, kalau kesiapan konstruksi sudah 100 persen, tidak ada masalah lagi," ujar Project Director Tol Pekanbaru-Bangkinang, Bambang Eko , Selasa (13/9/2022).

Bambang mengungkapkan, selain memastikan sudah tuntasnya pembangunan jalan tol itu, pihaknya bahkan sudah mengantongi sertifikat layak fungsi dan layak pakai dari Bina Marga Kemen PUPR.

Keluarnya sertifikat tersebut menandakan jalan bebas hambatan menghubungkan ibu kota provinsi dan Kabupaten Kampar tersebut sudah tidak ada masalah.

Yakni terhitung dari akses masuk Sungai Pinang Kecamatan Tambang kabupaten Kampar hingga pintu keluar menuju Kota Bangkinang.

"Kalau memang akan dioperasikan, kami sudah siap. Sertifikat layak pakai sudah ada," katanya.

Diketahui, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengumumkan akan mengoperasikan sebanyak 6 ruas tol baru sepanjang 87 km. Satu di antaranya seksi ruas tol yang menghubungkan Pekanbaru-Padang, yakni Pekanbaru-Bangkinang.

Pernyataan tersebut disampaikan Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja, Kamis (8/9/2022).

Dijelaskan, pengoperasian ruas-ruas tol tersebut tergantung pada keputusan Presiden Joko Widodo apakah ingin meresmikan atau tidak.

Tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan bagian Jalan Tol Trans Sumatera sebagai koridor pendukung atau sirip dari ruas tol Pekanbaru-Padang sepanjang 254 kilometer. Memiliki main road sepanjang 40 kilometer serta 6 jembatan dan 2 rest area.

Jarak dari Pekanbaru-Bangkinang jika melewati jalan nasional adalah sekitar 58,8 Km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 40 menit. Sedangkan jika menggunakan tol jarak tempuhnya hanya 30-45 menit.
sumber suara.com
Editor : Ardi

Share:
Komentar

Berita Terkini