-->

Wabup SU Hadiri Haul Syekh Abdurrahman Siddiq Al-Banjari Ke-86

Publish: Kuda an ----
SAPAT- Ribuan Ummat Islam dari berbagai daerah di Nusantara menghadiri Haul Tuan Guru Syekh Abdurrahman Siddiq ke-86. Terlihat tidak hanya masyarakat biasa yang hadir, tapi tampak juga Wakil Bupati H.Syamsuddin Uti ikut hadiri secara lansung ke makam Tuan Guru Syekh Abdurrahman Siddiq yang berlokasi di Dusun Hidayat, Desa Teluk Dalam, Kecamatan Kuala Indragiri, Kamis (23/2/2023). 

Kedatangan orang nomor dua ini disambut antusias masyarakat dengan berebut untuk menyalami Wakil Bupati yang didampingi Istri. Dengan berdesak-desakan dengan jamaah lainnya, Wabup turut memanjatkan do'a. 

Acara haul Tuan Guru Sapat Syech Abdurrahman Siddiq diadakan sebagai bentuk penghormatan atas peran beliau mengembangkan ilmu pendidikan dan pengetahuan agama Islam yang dilaksanakan tiap-tiap tahun bertepatan hari wafatnya Tuan Guru Sapat.

Untuk diketahui, Tuan Guru Syech Abdurrahman Sidiq atau yang akrab disapa Tuan Guru Sapat merupakan seorang guru agama Islam (Mufti Kerajaan Indragiri) yang cukup tersohor dan banyak memiliki murid yang berasal dari negeri Malaysia, Singapura, Kalimantan, Jambi dan Palembang. 

Ayahnya bernama Muhammad Afif bin Khadi H. Mahmud dan ibunya bernama Shafura dan beliau merupakan keturunan Ulama besar dari Kalimantan bernama Syekh Arsyad Al-Banjari. Sebelum menetap disapat Indragiri Hilir, Tuan Guru Sapat merantau ke Padang (Sumatera Barat) untuk menemui paman beliau bernama As”ad. Ditanah minang tersebut, beliau menjalankan usaha sebagai penyepuh emas sembari berdakwah ke pelosok-pelosok Sumatera Barat berbekal ilmu agama yang telah didapatkannya di Pesantren sewaktu kecil.

Wabup Inhil H.Syamsuddin Uti yang di Wawancarai awak media usai menziarahi Makam Tuan Guru Syekh Abdurrahman Siddiq mengatakan, terimakasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir atas kunjungan dan menghadiri Haul Akbar  Tuan Guru Syekh Abdurrahman Siddiq. Semoga dengan Haul yang dilaksanakan pada hari ini mendapat keberkahan dari Allah SWT
Share:
Komentar

Berita Terkini