-->

Pondok Pesantren Al- Hidayah Al- Anshori (Darul Ulum) Adakan Haflah Akhirussanah

Publish: Indragiri pos ----
PANARAGAN,-- Pondok Pesantren (Ponpes) Al- Hidayah Al- Anshori yang berada di kelurahan Panaragan Jaya, kecamatan Tulang Bawang Tengah, kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) mengadakan acara Haflah Akhirussanah, temu kangen alumni, dan pengajian. 

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu dimulai pada Jum'at, 19/05/2023 acara temu kangen para alumni dengan malam puncaknya mengadakan acara pengajian dan do'a bersama pada Sabtu, 20/05/2023 yang diselengarakan oleh pengurus ponpes. Dihadiri seluruh santri, dan seluruh peserta tamu undangan.

Pantauan dilokasi saat malam puncak acara pengajian dan do'a bersama, dihadiri ratusan peserta tamu undangan dari berbagai tiyuh (desa) khususnya dari daerah Tubaba. 

Dikatakan pengasuh ponpes Al- Hidayah Al- Anshori (ponpes Darul Ulum), KH. Muhammad Makhrus Ali saat dijumpai dikediamanya, gelaran yang dilakukan selama dua hari itu adalah merupakan gelaran tahunan yang diselengarakan secara rutin setiap tahunnya. Namun pada tahun- tahun sebelumnya terkendala covid- 19 sehingga gelaran acaranya tidak diselengarakan seperti saat ini.

"Kemarin kita melakukan kegiatan temu kangen  jumpa alumni, yang keseluruhan alumninya sekitar 500 orang. Namun yang hadir kemarin  kurang lebih 250 orang saja. Maklumlah para alumni tidak semuanya bisa hadir karena kesibukan masing- masing "Pungkas KH. Makhrus Ali.

Lanjut Makhrus Ali, selain acara temu kangen atau jumpa alumni juga untuk melaksanakan haul peringatan/ mengenang 29 tahun almarhum orang tuanya KH. Moch. Isa Anshori yang dipusatkan di yayasan ponpes setempat.

"Jumlah peserta lulusan yang dilepas pada tahun ini sebanyak 48 siswa Madrasah Aliah, 107 siswa Madrasah T'sanawiyah, 40 siswa Madrasah Ibtidaiyah. Dengan jumlah pendidik (guru) sebanyak 100 orang guru (pengajar). Para tamu undangan dari banyak pihak. Diantaranya kapolres Tubaba Ndaru Istimawan, pj bupati Tubaba Zaidirina, tokoh masyarakat, tokoh ulama, serta orang tua santri "Jelasnya.
  
Masih ditempat gelaran acara itu, ketua pelaksana kegiatan Hi. Herman Artha RM., S.I.kom., M.M. menyampaikan rasa syukur dan penuh kegembiraan dengan adanya gelaran acara yang dilakukan tersebut. 

Pasalnya menurut Herman Artha, houl, pengajin,  dan do'a bersama yang akan dilaksanakan di ponpes tersebut sangat menarik. Karena KH. Moch. Isa Anshori merupakan tokoh ulama di Panaragan Jaya, bahkan tokoh ulama yang  menyebarkan agama islam di Way Abung (Panaragan Jaya) dan sekitarnya pada saat itu. 

Dirinya berharap dengan adanya historis panjang dan menginspirasi tersebut dapat menarik perhatian semua pihak. Sehingga orang tua, siswa, dan masyarakat sekitar dapat lebih tertarik untuk masuk dan bergabung di sekolah dan ponpes Al- Hidayah Al- Anshori (ponpes Darul Ulum) tersebut. (Sw)
Share:
Komentar

Berita Terkini