-->

4 Cara Bayar PBB Online Jakarta Yang Mudah Dan Praktis

Publish: Redaksi ----

Pajak adalah salah satu sumber pemasukan keuangan negara yang wajib dibayar oleh seluruh warga negara Indonesia, seperti salah satunya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Di Jakarta sendiri, Pemrov DKI sudah menyediakan layanan digital agar masyarakt lebih mudah membayar PBB. 

Kini, cara bayar PBB menjadi semakin mudah. Kamu bisa bayar PBB secara online tanpa perlu pergi keluar rumah. Lantas, bagaimana cara bayar PBB online? 

Cara bayar PBB online kini bisa dilakukan di berbagai platform mulai dari melalui aplikasi Tokopedia, Klik Indomaret, Traveloka, hingga Blibli. Adanya cara bayar PBB online tentunya menjadi pilihan praktis karena dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. 

Syaratnya, kamu harus memiliki smartphone atau PC yang terhubung dengan jaringan internet. 
PBB sendiri merupakan pajak yang dikenakan atas kepemilikan atau pemanfaatan tanah dan atau bangunan. Bayar PBB sudah menjadi rutinitas bagi masyarakat pemilik tanah dan bangunan setiap tahunnya. 

Meski demikian, masih saja ada sebagian wajib pajak yang terlambat membayar PBB sehingga terkena denda keterlambatan. 

Oleh karena itu, setiap wajib pajak perlu mengetahui cara bayar PBB Online Jakarta yang mudah dan praktis dari smartphone. Berikut beberapa caranya yang bisa diikuti:
Bayar PBB Online di e-Commerce Seperti Blibli

Dengan mengikuti perkembangan zaman saat ini, pembayaran PBB juga bisa dilakukan secara online di e-Commerce seperti salah satunya Blibli. Adanya cara ini tentu sangat memudahkan karena bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. 

Adapun cara bayar PBB online melalui Blibli adalah sebagai berikut : 

Login kea kun Blibli atau daftar akun baru.
Di beranda, silahkan pilih Tagihan & Isi Ulang, lalu pilih PBB. 
Kemudian, pilih Tahun Pajak/SPPT. Pastikan kamu benar memilih tahun karena jika salah maka akan menyebabkan tagihan PBB tidak terbayar. 
Selanjutnya pilih Kota/Kabupaten. Pastikan juga kamu tidak salah memilih Kota/Kabupaten. 
Setelah itu masukkan Nomor Objek Pajak (NOB). Untuk mengetahui NOB, kamu bisa melihatnya di kartu PBB kamu. NOB biasanya terdiri dari 18 angka, cek lagi NOB kamu sebelum meneruskan ke tahap selanjutnya. 
Kemudian kamu akan diarahkan untuk melakukan pembayaran. Kamu bisa melakukan pembayaran melalui transfer bank dan lain – lain. Blibli telah menyediakan banyak metode pembayaran yang bisa dipilih. 

Bayar PBB online di Situs Resmi

Selain bisa bayar PBB online melalui e-Commerce, beberapa pemerintah daerah juga menyediakan situs resmi untuk membayar PBB secara online. Daerah yang sudah menyediakan laman website untuk bayar PBB online diantaranya yaitu Jakarta. 

Jadi, bagi warga kota Jakarta yang ingin membayar PBB online bisa masuk ke situs pajakonline.jakarta.go.id. Dalam laman itu pun dijelaskan mengenai tata cara pembayaran PBB sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan pembayaran PBB online. 

Bayar PBB Online Melalui Mobile Banking atau ATM

Membayar PBB online juga bisa dilakukan melalui mobile banking atau ATM. Pilihan mobile banking tentu lebih mudah dan praktis dibandingkan melalui ATM, karena kamu tidak perlu repot keluar rumah untuk mencari ATM. 

Beberapa bank yang sudah menyediakan layanan pembayaran PBB online melalui mobile banking atau ATM antara lain BRI dan Bank Mandiri. Untuk bayar PBB dengan cara ini, kamu cukup mengikuti langkah – langkah yang tertera. 

Bayar PBB Melalui Petugas 

Cara bayar PBB yang mudah selanjutnya adalah melalui petugas pemungut dari kelurahan atau kantor desa.
Jika kamu hendak membayar pajak dengan cara ini, maka kamu bisa berikan uang tagihan kepada petugas yang mendatangimu di rumah. Petugas tersebut nantinya akan memberikan bukti transaksi yang menandakan bahwa PBB tersebut sudah dibayar. ***
Share:
Komentar

Berita Terkini